Partai Aceh Janji akan Pulangkan Ribuan Warga Aceh dari Malaysia

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh berjanji akan memulangkan ribuan warga Aceh di Malaysia yang terkena dampak pandemi virus corona yang disebut Covid-19.

Janji tersebut disampaikan Ketua Partai Aceh Muzakir Manaf melalui Juru Bicaranya Muhammad Saleh di Banda Aceh, Rabu (1/7/2020).

Disebutkan wabah Covid-19 melanda Malaysia berdampak pada terbatasnya akses pekerjaan bagi warga Aceh. Hal itu membuat mereka kesulitan membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

“Pemulangan ini merupakan langkah nyata membantu warga Aceh yang kesulitan di Malaysia. Tahap awal, kami merencanakan pemulangan 3.000-an warga Aceh,” kata Muhammad Saleh.

Disebutkan Saleh, Mualem terus melakukan langkah cepat dan lobi maupun komunikasi dengan pemerintah pusat serta ketua masyarakat Aceh di Malaysia terkait rencana pemulangan sekitar 10 ribu lebih warga Aceh.

Ditambahkan, walau masa “lockdown” yang berlaku di Malaysia telah berakhir 9 Juni lalu, namun masih ada kebijakan pembatasan massal di negeri jiran tersebut.

Sementara, nasib warga Aceh di Malaysia semakin tidak menentu, terutama bagi yang sudah habis massa izin tinggal, tetapi tidak bisa kembali ke Aceh karena keterbatasan biaya.

“Melalui Ketua Masyarakat Aceh di Malaysia, mereka minta dipulangkan. Bahkan, ada dari mereka menempuh cara berbahaya melalui jalur tikus hanya untuk pulang,” kata Muhammad Saleh.

Partai Aceh melalui wakilnya di DPR Aceh telah berulang kali meminta Pemerintah Aceh memulangkan warga Aceh di Malaysia.

Namun, setelah ditunggu beberapa lama tidak ada respon dan jawaban pasti. Akhirnya, Mualem memutuskan untuk mengambil inisiatif memulangkan ribuan warga Aceh di Malaysia.

“Warga muslim Rohingya saja kita tampung dan terima di Aceh, apalagi rakyat Bangsa Aceh sendiri yang kini menderita di negeri orang. Ini tugas dan tanggung jawab moral kita semua,” tegas Mualem melalui Muhammad Saleh. (*)