Parah !!! Pantai Palak Kerambil Abrasi, Puluhan Rumah Terancam Ambruk, Warga Mengungsi

Parah !!! Pantai Palak Kerambil Abrasi, Puluhan Rumah Terancam Ambruk, Warga Mengungsi

ACEHSATU.COM [ ABDYA – Puluhan rumah warga di pesisir Pantai Gampong Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bahkan beberapa bagian belakang rumah ambruk dihantam  gelombang tinggi yang mencapai lima meter sehingga membuat sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat.

Akibat hantaman gelombang tinggi seminggu ini dilaporkan ada beberapa dapur rumah warga yang sudah ambruk. Warga secara swadaya berupaya mengurangi dampaknya dengan memasang penyangga dari bambu namun itu tidak berrati ditengah parahnya cuaca ektrem saat ini. Memang pantai yang mengarah kelaut lepas ini sampai saat ini belum dipasang batu gajah sehingga hantaman gelombang  langsung ke rumah warga.

Saat ini,  ada 38 unit rumah  di pesisir pantai Gampong Palak Kerambil yang terancam ambruk, kondisi ini diperparah dengan gempuran ombak yang mencapai lima meter membuat sebagian warga harus mengungsi ke rumah  famili.

“Ada 38 rumah yang dihantam abrasi bahkan ada rumah yang roboh dihantam gelombang laut sehingga sebagian warga da yang sudah mengungsi kerumah kerabatnya,” ujar  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Utnutk penanganan darurat, lanjut Amir, pihaknya sudah berulang kali melakukan upaya uapaya mengurangi dampak hantaman gelombang tersebut, mulai memasang goni pasir, penyangga bambu namun upaya tersebut tidak bertahan lama ketika dihantam gelombang tinggi setiap tahunnya.

“Ini tidak ada solusi lain, cara satu-satunya harus dilakukan upaya permanen berupa pemasangan batu gajah, untuk itu kita harapkan Pemerintah Aceh segera mungkin memasang batu gajah  sepanjang Pantai Gampong Palak Kerambil,” ujar Kepala BPBK ini. (*)