Politik

Panwaslu Aceh Timur Lantik 72 Anggota Panwascam  

“Tidak memihak kepada salah satu partai politik, jalankan demokrasi rakyat yang benar, sehingga menghasilkan pemimpin yang baik untuk daerah ini,

Foto | lukfar razi

 

ACEHSATU.COM  | ACEH TIMUR – 72 orang Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Se- Kabupaten Aceh Timur resmi dilantik  dan diambil sumpah oleh Ketua Panwaslu Aceh Timur di aula Hotel Royal Idi, Aceh Timur, Kamis (30/11/2017).

Komisioner Panwaslu Aceh Timur melaporkan, bahwa jumlah pendaftar untuk Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan sebanyak 518 orang, yang lulus administrasi sebanyak 508 orang.

Kemudian mengikuti ujian tulis, yang lulus sebanyak 152 orang, setelah tes wawancara, akhirnya yang lulus menjadi anggota Panwascam untuk Pemilu legislatif tahun 2019 sebanyak 72 orang.

Setiap kecamatan sebanyak 3 orang dari 24 kecamatan dalam wilayah Aceh Timur.

Ketua Panwaslu Aceh Timur, Maimun dalam sambutanya mengaharapkan kepada Panwascam yang telah dilantik pada hari ini untuk dapat bekerja maksimal dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019 nanti.

”Kita sebagai panitia pengawas pemilihan umum harus berada pada posisi independen dan dapat mejaga kelangsungan Pemilu dengan lancar, tidak curang,” harap Maimun.

Selanjutnya, ia juga berharap kepada seluruh Panwascam untuk melaksanakan tugas sesuai dengan aturan Pemilu.

“Dalam undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, kita sebagai Pengawas Pemilu mempunyai wewenang yang sangat besar. Untuk itu kita harus menjaga Pemilu Presiden, dan Legislatif  tahun 2019 berjalan dengan baik pada koridor hukum yang telah ditetapkan,” demikian kata Maimun.

Sementara itu, Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto dalam amanatnya meminta kepada Panwaslu Aceh Timur dan jajaranya untuk bersikap netral dalam melakukan pengawasan Pemilu tahapan demi tahapan.

“Tidak memihak kepada salah satu partai politik, jalankan demokrasi rakyat yang benar, sehingga menghasilkan pemimpin yang baik untuk daerah ini dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” demikian kata Kapolres Aceh Timur.

Acara ini ikut di hadir oleh Seluruh Komisioner Panwaslu Aceh Timur, Ketua KIP Aceh Timur Iskandar A. Gani, Kapolres Aceh Timur, Mewakili Dandim 0104 Aceh Timur, Mewakili Kebang Pol Aceh Timur dan mewakili dari Pengadilan Negeri Idi Aceh Timur. (*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top