Pileg 2019

Panwaslih Aceh Menangkan Gugatan Abdullah Puteh

Dalam putusan itu mantan Gubernur Aceh era 2004 tersebut dapat kembali menjadi peserta pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

FOTO | NET

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh mengabulkan gugatan sengketa pemilu yang diajukan Abdullah Puteh. Putusan gugatan tersebut dibacakan majelis sidang panwaslih Aceh, Kamis (8/9/2018).

Dalam putusan itu mantan Gubernur Aceh era 2004 tersebut dapat kembali menjadi peserta pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

Ketua Majelis Panwaslih Aceh, Zuraida Alwi menyebutkan, putusan Panwaslih untuk mengabulkan gugatan Abdullah Puteh didasarkan atas UUD dan diperkuat oleh sejumlah putusan Mahkamah Konstitusi.

“Hak dipilih dan memilih menjadi hak asasi di atur dalam UUD, beberapa putusan MK memberikan ruang kepada siapapun yang sudah menjalani batas hukuman dapat diberikan ruang untuk memenuhi haknya. maka itu permohonannya kita kabulkan seluruhnya,” ujarnya.

Sebelumnya Abdullah Puteh sempat dicoret oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dari daftar Bacaleg DPD pada Juli lalu karena pernah tersandung dengan kasus korupsi.

Berdasarkan PKPU 20 2018 yang memuat larangan mantan narapidana korupsi menjadi calon legislatif. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top