Pantai Kuala Kiran Jangkabuya Mulai Ramai

Pantai Kuala Kiran Kecamatan Jangkabuya, Pidie Jaya, belakangan mulai marak.
Foto repro sinarpidie.co/M Rizal

Laporan Kontributor Abdullah Gani dari Pidie Jaya

ACEHSATU.COM | PIDIE JAYA – Pantai Kuala Kiran Kecamatan Jangkabuya, Pidie Jaya, belakangan mulai ramai.

Kehadiran pondok atau bale kecil pinggiran pantai yang dihiasi gaba-gaba serta pernik-pernik menambah indahnya lokasi tersebut.

Suasana keramaian pantai berlangsung setiap sore terutama hari-hari libur. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan berusaha untuk membenahinya.

“Pantai Kuala Kiran akan kami benahi,” kata Iqbal, Kabid Pariwisata Disporapar kepada ACEHSATU.com, Rabu (16/9/2020).

Beberapa pedagang menjawab Acehsatu.com terpisah, dalam sepekan terakhir membenarkan, belakangan Pantai Kuala Kiran mulai didatangi warga pada setiap sore.

Tidak hanya kaulamuda tapi juga orang dewasa dengan memboyong anggota keluarganya untuk bermain menikmati indahnya panorama laut lepas.

Ditambahkan, pengunjung lebih tertarik duduk di pondok sambil menikmati makanan ringan serta aneka minuman.

“Mayoritas pengunjung pun memakai masker,” sebut seorang pedagang.

Bahkan tidak hanya petang, terkadang jelang siang hari ada juga sejumlah warga yang duduk-duduk di bale menikmati panorama laut sambil mengamati lalu lalang bot termasuk juga nelayan tarik pukat di pantai tersebut.

Ramainya orang berkunjung kesana juga didukung dengan akses jalan yang mulus serta tidak terlalu jauh (sekitar 700 meter) dari jalan Jangkabuya arah ke Samalanga,Bireuen atau sebaliknya.

Catatan ACEHSATU.COM, pantai ini sebelumnya sepi kecuali hanya dua warung atau pondok mangkal di sana dan warga yang berkunjung relatif sedikit.

Di kawasan itu pula, sejumlah ibu-ibu rumah tangga mencari upah menjemur ikan teri ketika hasil tangkapan nelayan melimpah.

Persis di pinggiran pangkalan pendaratan ikan (PPI) para nelayan menyempatkan untuk memperbaiki jaring yang rusak.   

Kabid Pariwisata Disporapar Pidie Jaya, Muhammad Iqbal, menjawab ACEHSATU.COM mengatakan, melihat suasana pantai mulai mulai ramai, pihaknya akan berupaya untuk melakukan pembenahan kearah yang lebih baik lagi.

Terutama mengusulkan dibangunan fasilitas semisal balai (bale) dan lainnya seperti yang sudah dibangun di Objek Wisata Islami Pantai Kuthang Trienggadeng.

“Insya Allah, Pantai Kuala Kiran-Jangkabuya pun rencananya akan kami uapayakan pembenahan,” sebut Iqbal.

Hingga saat ini, selain pantai Kuthang Trienggadeng dan Pantai Meurah Seutia atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Manohara Gampong Meunasah Balek-Meureudu.

Selain itu, potensi objek wisata lainnya di Pidie Jaya yang memungkinkan untuk dikembangkan yaitu, Objek Wisata Alam Irigasi Blang Awe di Meureudu, Sungai (krueng) Sarahmane Kecamatan Meurahdua, Kareung Gla Gampong Abah Lueng-Bandarbaru. (*)