Langsa

Pakaian Adat Papua-Aceh Warnai Pawai Budaya di Kota Langsa

Berbagai macam pakaian adat ditampilkan dalam pawai budaya tersebut, terlihat dari pakaian adat Daerah Papua dimana daerah paling timur Indonesia hingga daerah paling barat yaitu Aceh.

Foto: Acehsatu.com | Sherly Maidelina

ACEHSATU.COM | LANGSA – Memerihkan HUT RI Ke 72, ribuan pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Langsa semangat mengikuti pawai budaya, Sabtu (19/08/2017).

Amatan Acehsatu.com sejak pukul 08.00 WIB para peserta sudah mulai bergerak mengawali start awal di halaman Pendopo Walikota Langsa.

Berbagai macam pakaian adat ditampilkan dalam pawai budaya tersebut, terlihat dari pakaian adat daerah Papua dimana daerah paling timur Indonesia hingga daerah paling barat yaitu Aceh.

Kesederhanaan pakaian adat Papua membuat para juri dan penonton tertawa riang menyaksikannya. Dengan hanya mengenakan baju dan celana hitam dan dilumuri cat minyak berwarna hitam dibadannya. Disekitar pinggang juga dikelilingi rumbai tali plastik dan dikepala hanya bermahkotakan daun.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Langsa,  Saifuddin Razali MPd kepada Acehsatu.com menuturkan, kegiatan tahunan yang rutin dilakukan dengan melibatkan semua pelajar yang mengenakan pakaian adat dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia supaya generasi bangsa dapat menyerap nilai-nilai kebangsaan.

Adapun kriteria penilaian juri meliputi kerapian barisan, kreatifitas pema yang terdiri dari Pasukan 45 sebagai pengawal Bhinneka Tunggal Ika, serta kelengkapan pakaian adat yang dikenakan memenuhi 34 Provinsi se-Indonesia.

Saifuddin Razali mengungkapkan nantinya pemenang akan mendapatkan sejumlah hadiah berupa uang+trophy.

Setelah pawai budaya atau alegoris selesai, dilanjutkan pawai becak hias dari tingkat SD, SMP, SMA serta mobil hias dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Langsa yang digelar pada sore hari.

To Top