Breaking News

Ormas Islam Rencanakan Gelar Aksi di Banda Aceh, Ini Tuntutannya

Ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi itu, antara lain meminta agar Gubernur Aceh mencabut kembali Pergub Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Hukum Acara Jinayat yang ditandatangani 28 Februari 2018. Selain itu, massa juga meminta polisi menangkap pelaku prostitusi online

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH –  Organisasi Islam (Ormas Islam) dikabarkan akan menggelar aksi besar-besaran di Banda Aceh untuk menolak Keputusan Gubernur Aceh mengeluarkan Pergub Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Hukum Acara Jinayat menuai kritikan dan penolakan dari sejumlah kalangan di Aceh.

Dikabarkan, sejumlah ormas Islam bahkan akan melakukan aksi damai di Banda Aceh untuk menolak Pergub yang mengatur lokasi pelaksanaan uqubat cambuk di Lembaga Permasyarakatan (LP), tidak lagi di halaman masjid seperti selama ini.

Tgk Muslim At-Thahiry  selaku Ketua DPD Front Pembela Islam (FPI) Aceh, mengatakan,  aksi itu akan dilaksanakan Kamis 19 April 2018 di Banda Aceh.

Baca Juga:  Kadis Syariat Islam: Pergub Hukum Acara Jinayat Sudah Dibahas dengan Banyak Pihak

Ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi itu, antara lain meminta agar Gubernur Aceh mencabut kembali Pergub Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Hukum Acara Jinayat yang ditandatangani 28 Februari 2018. Selain itu, massa juga meminta polisi menangkap pelaku prostitusi online.

Untuk diketahui, selama ini uqubat cambuk dilaksanakan secara terbuka, tidak disebutkan lokasi khusus.

Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 262 ayat (1) Qanun Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Hukum Acara Jinayat yang berbunyi: Uqubat cambuk dilaksanakan di suatu tempat terbuka dan dapat dilihat oleh orang yang hadir.

Biasanya, tempat terbuka yang sering digunakan sebagai lokasi pelaksanaan uqubat adalah halaman-halaman masjid. Sebagai turunan dari qanun, kemudian gubernur membuat Pergub yang mengatur secara khusus tempat pelaksanaan uqubat cambuk bagi pelanggar syariat yaitu di LP.

Berdasarkan pantuan ACEHSATU.COM di lapangan saat ini  puluhan ormas Islam sedang mempersiapkan bekal untuk berangkat ke Ibukota Provinsi Aceh, jaringan pesan berantai pun hingga saat ini tersebar pada sejumlah grup whatsApp  pada sejumlah grup sosial di Aceh. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top