Optimis Pariwisata Kembali Bergeliat, Disbudpar Aceh Siapkan Panduan New Normal

Optimis Pariwisata Kembali Bergeliat, Disbudpar Aceh Siapkan Panduan New Normal

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh, Jamaluddin Adam menyatakan rasa optimismenya terhadap sektor pariwisata di Aceh akan kembali bergeliat seiring penerapan new normal atau tatanan baru COVID-19.

Bahkan saat ini dinas yang dipimpinnya tengah menggodok panduan terkait destinasi wisata, yang tetap mengacu pada protokol kesehatan.

“Saat ini kita sedang menyiapkan panduan atau standar operasional prosedur (SOP) untuk destinasi wisata dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19,” kata Jamaluddin mengutip Antara di Banda Aceh, Sabtu (30/5/2020).

Dijelaskan, salah satu panduan sektor pariwisata yang sedang disusun menghadapi tatanan normal, adalah pengunjung harus menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan dan menerapkan protokol COVID-19 guna memotong mata rantai penyebaran virus tersebut.

“Kita berharap dengan tatanan baru di tengah pandemi COVID-19 ini, sektor pariwisata di Aceh umumnya dapat bergeliat kembali,” katanya.

Diakui Jamal, selama ini COVID-19 telah berdampak pada geliat ekonomi dunia, termasuk Indonesia terkhusus Aceh. Dampak tersebut juga dirasakan oleh sektor yang memberi sumbangan untuk pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Pihaknya meyakini dengan penerapan panduan yang saat ini sedang disiapkan untuk sektor pariwisata menuju tatanan baru akan mampu membangkitkan kembali perekonomian dan memotong mata rantai virus corona akan terwujud.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh menyatakan akan segera menyusun panduan memasuki fase tatanan baru, khususnya di lingkungan perkantoran dan sentra ekonomi masyarakat di daerah setempat.

“Panduan ini bertujuan agar beragam aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan normal dengan pola prilaku baru yang sesuai dengan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah terjadinya penularan COVID-19,” kata dia. (*)