Objek Wisata Pantai Kuala Ceurape Dilanda Abrasi

Keuchik Kuala Ceurape Anwar melihat kondisi abrasi pantai dampak ombak pasang meluap ke darat, Minggu (20/09/2020) sore.

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Sepanjang 1 Km lokasi objek wisata pantai Pasir Hitam Pulau Makambing, di Dusun Arun Brek, Desa Kuala Ceurape, Kecamatan Jangka, Bireuen, abrasi akibat diterjang ombak pasang siang dan malam hingga meluap sampai ke daratan.

Pantauan dan keterangan diperoleh AcehSatu.Com, bencana alam itu terjadi tiga hari terakhir dan diprediksi masih berlanjut dua hari ke depan, akibatnya beberapa warga membuka usaha berjualan dilokasi harus pindah tempatnya.

“Sudah tiga hari ini tepi pantai dilokasi objek wisata akan dikelola desa Kuala Ceurape ini rusak terkikis ombak seluas 20 meter dan panjang 1 km,” ujar Keuchik Kuala Ceurape, Anwar 44, ditemui di lokasi Minggu (20/09/2020) sore.

Keuchik menjelaskan, sejak tiga hari ini ombak pasang besar terjadi sekitar pukul 10:00 WIB dan malam pukul 22:00 WIB, untuk hari ini Senin (21/09/2020) sekitar pukul 11:00 WIB dan berlanjut malam lagi.

Letak objek wisata pantai berada diujung tanggul batu penahan ombak, sebelumnya tepi pantai berada dekat ujung batu gajah itu, kini pasirnya sudah terkikis 20 meter menjorok ke darat.

Untuk melindungi kerusakan tepi pantai semakin meluas, disekitar ada tambak ikan/udang masyarakat, Keuchik berharap pemerintah untuk membangun tanggul penahan ombak lanjutan 1 km ke timur sampai Kuala Krueng Peusangan. (*)