Nyaris Dipecundangi Persiraja, Ini Kata Asisten Pelatih Arema FC

Arema FC ditahan imbang oleh tim penghuni dasar klasemen sementara Liga 1 Persiraja Banda Aceh. Apa yang membuat Arema tak bisa menang?
arema fc
Konferensi pers usai pertandingan Arema FC vs Persiraja (Foto: Tangkapan layar)

ACEHSATU.COM | MALANG – Arema FC ditahan imbang oleh tim penghuni dasar klasemen sementara Liga 1 Persiraja Banda Aceh. Apa yang membuat Arema tak bisa menang?

Persiraja Banda Aceh sempat unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas yang dicetak bek tengah mereka Leonardo Lewis menit ke – 44. Sementara Arema FC menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Carlos Fortes menit 48.

Asisten Pelatih Arema FC FX Yanuar mengungkapkan, timnya gagal menang lantaran faktor pertahanan yang cukup rapat dibangun oleh Persiraja Banda Aceh. Bahkan saat bertahan tim berjuluk Laskar Rencong ini, hampir menumpuk pemain di lini pertahanan sendiri.

“Memang pertandingan yang berat, kita lihat tim lawan dengan low defense, kita mencoba sangat mencoba untuk membongkar low defense itu di seluruh defense itu,” kata FX Yanuar usai pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (10/2/2022), malam.

Pria berusia 39 tahun ini mengakui ada perbedaan taktik yang dimainkan lawan dari yang telah dipelajari sebelumnya. Di mana sebelum melawan Arema FC, diakui Persiraja lebih bermain terbuka dan mengejar kemenangan.

“Persiraja terlihat sekali cara perbedaan mainnya dengan sebelum-sebelumnya, lebih terbuka, lebih punya target untuk memenangkan pertandingan, tapi berbeda pada saat ini. Saya melihat bahwa Persiraja lebih low defense, lebih rapat mungkin punya target yang berbeda dari pertandingan – pertandingan sebelumnya,” tuturnya.

Hal ini yang dirasa buat pemain-pemain Arema FC kesulitan membongkar lini pertahanan anak asuh Sergio Alexandre. Namun ia mengapresiasi kerja keras para pemain Arema FC.

“Selama pertandingan kita sudah mencoba para pemain bekerja sudah sangat maksimal, bekerja membongkar pertahanan itu, hasilnya nggak maksimal. Itulah sepakbola bisa menang, kalah atau seri bisa terjadi,” bebernya.

Sementara itu penyerang sayap Arema FC Ryan Kurnia juga mengakui kendala yang dialaminya dan rekan – rekannya di lapangan. Namun ia membantah bila buntunya serangan Arema FC lantaran ketidakhadiran pelatih kepala Eduardo Almeida yang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

“Seperti yang dikatakan coach tadi memang defensenya di bawah sekali sampai lima defense. Jadi agak susah juga untuk menyerang. Memang belum rezekinya Arema menang malam ini,” kata Ryan.

Hasil imbang 1-1 yang diraih masih membuat Arema FC berada di posisi puncak klasemen sementara Liga 1 musim 2021. Arema FC meraih 49 poin dari 24 laga yang dijalaninya. Bhayangkara FC menguntit di posisi kedua dengan poin sama, 49 sari 23 pertandingan yang dijalani.

Posisi Arema FC rawan dikudeta oleh Bhayangkara FC yang bakal bermain pada Sabtu malam (12/2/2022) jika berhasil menang atau meraih hasil imbang lawan Bali United.

Sedangkan bagi Persiraja Banda Aceh hasil imbang tak membuat tim kebanggaan masyarakat Aceh ini keluar dari dasar klasemen sementara Liga 1 musim 2021. Persiraja baru mengumpulkan 12 poin dari dua kali kemenangan, 6 kali hasil imbang, dan 16 kali menelan kekalahan. (*)