Nova Klaim Penerapan Jam Malam Penentu Keberhasilan Aceh Tekan Corona

Nova Klaim Penerapan Jam Malam Penentu Keberhasilan Aceh Tekan Corona

ACEHSATU.COM — Pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah memaparkan klaim keberhasilan Aceh menekan penyebaran wabah Covid-19.

Dia mengatakan, per 27 Mei 2020, kasus corona tercatat sebanyak 19 pasien positif. Dari angka itu, 17 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Sementara hanya ada 1 orang pasien positif COVID-19 di Aceh.

Menurut Nova, Pemprov Aceh bersama pemerintah kabupaten dan kota di Aceh melakukan intervensi di kehidupan masyarakatnya.

Salah satunya dengan memberlakukan jam malam selama lima hari.

“Bahkan kami sempat memberlakukan jam malam selama 5 malam sebelum daerah lainnya menerapkan wacana PSBB. Awalnya masyarakat Aceh memang kurang yakin adanya COVID-19 di Aceh. Namun, sesudah ada satu warga positif COVID-19, masyarakat Aceh lebih antisipatif, lebih waspada, dan warga Aceh lebih over-reaktif,” ucap Nova dalam video yang disiarkan di Channel YouTube BNPB, Jumat (27/5/2020).

Nova juga menyampaikan kiat lain kesuksesan Aceh melawan wabah corona. Kata dia pemerintah dan masyarakat juga telah bekerja sama menyiapkan lahan di Aceh Besar sebagai tempat pemakaman apabila ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia.

Kasus positif di Aceh memang mengalami tren positif. Kondisi ini sempat secara khusus memperoleh apresiasi Juru Bicara Gugus Tugas Pusat Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto.

Dalam satu kesempatan di Jakarta beberapa hari lalu, Yurianto bahkan meminta daerah lain belajar dari Aceh. (*)