Nova Iriansyah Didefinitifkan Bulan Depan

DPR Aceh menjadwalkan rapat paripurna pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif November mendatang.
Orang Tanpa Gejala
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (Foto: dok. Humas Aceh)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – DPR Aceh menjadwalkan rapat paripurna pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif November mendatang.

Pelantikan dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Pelantikan Gubernur definitif kita sesuaikan dengan jadwal Mendagri sebagai yang melantik mewakili Presiden. Range waktunya di November,” kata Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin, kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Jadwal itu diputuskan dalam rapat tertutup Badan Musyawarah (Bamus) yang digelar di ruang Serbaguna DPR Aceh. Menurut Safaruddin, DPR Aceh telah berkoordinasi dengan Dirjen Otda Kemendagri soal waktu pelantikan.

DPR Aceh kemudian memutuskan jadwal pelantikan pada salah satu hari antara tanggal 1 hingga 15 November 2020. Politikus Partai Gerindra ini mengatakan proses pelantikan Nova menyesuaikan jadwal Tito.

“Artinya kalau definitif Nova tidak ada persoalan lagi penjadwalan pelantikan. Nova dilantik di Gedung DPRA,” jelas Safaruddin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh. Nova diangkat sebagai gubernur setelah Jokowi mengeluarkan Keppres pemecatan Irwandi Yusuf yang terbukti korupsi dari jabatan Gubernur Aceh.

DPRA juga menyatakan pelantikan Nova sebagai Gubernur Aceh tak akan menghentikan proses terkait penggunaan hak interpelasi. Mayoritas anggota DPRA juga disebut sepakat menggunakan hak angket terhadap Nova. (*)