New Normal, Polisi Gelar Razia Mulai Pekan Depan, Awas Kena Tilang!

New Nornal, Polisi Gelar Razia Mulai Pekan Depan, Awas Kena Tilang!

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggelar Operasi Patuh 2020, mulai pekan depan, Kamis 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020.  Bagi pelanggar, polisi tidak segan-segan menilang!

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono, dalam keterangannya mengatakan, operasi yang akan digelar dalam betuk razia pengguna jalan raya untuk mendisiplinkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Istiono memberikan instruksi kepada jajarannya untuk melakukan tindakan hukum secara preemtif, preventif serta mengedepankan tindakan persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Selain itu, adalah menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) berlalu lintas selama pelaksanaan operasi berlangsung.

Istiono juga mengingatkan kepada seluruh jajaran agar tetap mempersiapkan pengamanan Kamseltibcar Lantas baik di jalur tol, arteri maupun lokasi wisata. Karena pada momentum jelang Hari Raya Idul Adha, Polri memprediksi masyarakat akan menggunakan kesempatan untuk melakukan perjalanan mudik atau berlibur ke lokasi wisata.

Kepala Korlantas Polri juga mengingatkan jajaran untuk meningkatan kedisiplinan masyarakat di new normal ini. Oleh karena itu, sambung dia, cara bertindak dilakukan dengan preemtif, preventif dan persuasif kepada masyarakat dengan orientasi kedisiplinan, baik di ruang publik maupun pelayanan publik.

“Dan hindari tindakan yang kurang simpatik pada momentum operasi ini,” tegas Istiono seperti dikutip laman Korlantas Polri.

Sementara itu, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto menegaskan tindakan tilang tidak dilarang. Namun, tetap harus mengedepankan tindakan humanis dahulu, seperti menargetkan pelanggaran apa yang akan ditindak dan sosialisasikan kepada masyarakat.

“Silakan lakukan dengan tilang, tetapi lakukan pemberitahuan dahulu melalui media-media sosial atau media lain sebelum menindak, jangan kita mencari-cari alasan,” katanya.

Kushariyanto memisalkan penindakan untuk wilayah Jakarta, dikhususkan untuk melawan arus, jadi bila ada pengendara yang tertangkap tidak usah memeriksa surat-surat, langsung lakukan tilang sehingga akan meringkas petugas di lapangan.

“Jangan sampai pelaksanaan operasi ini kita melaksanakan trouble. Laksanakan penilangan sesuai ketentuan yang diberikan Kakorlantas,” tambahnya.

Kushariyanto juga mengingatkan agar para petugas menggunakan APD selama Operasi Patuh 2020. Yang tak kalah pentingnya adalah menerapkan protokol kesehatan di lapangan. (*)