Musrenbang Tahun Anggaran 2021 Gampong Tanjung Selamat Digelar di Halaman Masjid Babul Maghfirah

Murenbang Gampong Tanjung Selamat T.A 2021, Jumat (30/10/2020)/Foto: ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM, ACEH BESAR – Pemerintah Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Gampong pada Jumat (30/10/2020) bertempat di halaman Masjid Babul Maghfirah.

Menurut pengamatan ACEHSATU.com saat kegiatan Musrenbang Gampong tersebut berlangsung tampak ramai dihadiri oleh para warga yang ingin mengikuti acara penting terkait pembangunan gampong mereka kedepan.

Musrenbang Gampong diadakan bertujuan untuk menyerap aspirasi warga masyarakat dalam pembangunan desa. Terutama dalam menentukan skala prioritas berdasarkan kebutuhan dengan kemampuan anggaran yang tersedia ±1,2 Miliar.

Selain dihadiri para warga termasuk kelompok perempuan dan Ibu-ibu PKK, Musrenbang juga dihadiri Kasie PMG, PD, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Darussalam serta para pemuda Gampong Tanjung Selamat.

Keuchik Salamun SH membuka secara resmi kegiatan Musrenbang TA 2021 dan meminta kepada seluruh peserta dan warga yang hadir agar memberikan masukan dan aspirasi masing-masing demi untuk kemajuan pembangunan gampong.

Ia juga menambahkan jika Gampong Tanjung Selamat merupakan salah satu Gampong pilot project program kependudukan bersama16 desa lainnya di Kabupaten Aceh Besar.

Sementara itu Camat Darussalam yang diwakili Kasie PMG Ibrahim mengingatkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan RKPG yaitu Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 Pasal 9 ayat 3 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG) wajib dilakukan oleh setiap Gampong.

Lebih lanjut Ibrahim mengatakan, pembangunan di Gampong paling tidak harus mencakup lima bidang penting dan dijadikan prioritas.

Bidang tersebut adalah Bidang ketahanan pangan, infrastruktur, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan penguatan spritualitas.

Menurut Ibrahim pembangunan di Gampong agar lebih menitikberatkan pada pada kepentingan masyarakat, daerah, dan prioritas nasional. Misalnya masalah stunting dalam bidang kesehatan.

“Bupati Aceh Besar berharap agar masalah stunting dapat diberantas di setiap Gampong,” ujar Ibrahim.

Guna mencapai hal itu maka Gampong harus memberdayakan Posyandu dan kader yang ada di wilayahnya. Termasuk menyediakan makanan bagi anak-anak dan ibu hamil sebagai asupan gizi saat kegiatan posyandu dilakukan. (*)