Mulai Hari, Ini Pedagang Peunayong Tempati Pasar Al-Mahirah Lamdingin

“Peunayong merupakan kawasan pusat perkotaan yang perlu di tata agar kondisinya lebih baik dan dapat mendukung konsep pembangunan kawasan wisata, pusat kuliner dan heritage kota Banda Aceh” Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman
relokasi Pasar peunayong
Pemko Banda Aceh melakukan relokasi Pasar Peunayong ke Pasar Almahirah, Lamdingin, senin (24/5/2021) acehsatu.com/ humas

Mulai Hari, Ini Pedagang Penayong Tempati Pasar Al-Mahirah Lamdingin

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Mulai hari ini, Pemerintah Kota Banda Aceh,melakukan relokasi ratusan pedagang yang berjualan di Pasar Peunayong, Banda Aceh ke Pasar  Al-Mahirah Lamdingin yang telah diresmikan pada 7 Juli 2020.

Pasar Peunayong dinilai kondisinya sudah tidak sehat, kurang tertata, tidak tertib dan serta terkesan kumuh dan kotor sehingga kurang nyaman bagi pedagang dan komsumen yang berbelanja. Relokasi Pasar Peunayong merupakan program pembangunan dan penataan kota berkelanjutan.

Untuk mensukseskan relokasi tersebut sejak Mingu (23/5/2021) pedagang mulai dilarang berjualan di kawasan Pasar Peunayang dengan menerjunkan petugas gabungan TNI/Polri dan anggota Satpol PP/WH  untuk mengawasi kawasan Pasar Peunayong itu.

Pedagang di pasar Peunayong yang di relokasi ke pasar Al Mahirah Lamdingin sebanyak 738 orang yang berjualan berbagai jenis dagangan mulai penjual ikan, daging, sayur-sayuran serta berbagai kebutuhan pokok lainnya. 

Relokasi pedagang dilakukan berdasarkan musyawarah secara kekeluargaan bersama antara Pemko Banda Aceh dan pedagang yang menetapkan relokasi pada Senin (24/5/2021).

Pasar Al – Mahirah Lamdingin

“Mulai hari ini pedagang menempati Pasar Al-Mahirah Lamdingin,” ujar Kabag Protokol dan Komunikasi Setdako Banda Aceh, Said Fauzan kepada wartawan Senin (24/5/2021)

Setelah dilakukan relokasi pedagang tersebut Pemko Banda Aceh berencana akan menjadikan  kawasan Pasar Peunayong sebagai pusat kuliner penunjang destinasi wisata sehingga tumbuh pusat perekoniman baru di Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya agar berbelanja ke lokasi pasar baru Al Mahirah di Desa Lamdingin.

Baca :Warkop KPK dan Dapu Kupi Serta Sejumlah Warung Lainnya di Banda Aceh Disegel

Baca :Info Terbaru, Ini Jatah Kuota Haji Tahun 2021 untuk Seluruh Dunia, Indonesia Menyusut Drastis

“Peunayong merupakan kawasan pusat perkotaan yang perlu di tata agar kondisinya lebih baik dan dapat mendukung konsep pembangunan kawasan wisata, pusat kuliner dan heritage kota Banda Aceh,” ujar Aminullah.

Sebelum pemindahan para pedagang tersebut Pasar Al-Mahirah telah disempurnakan fasilitasnya oleh Pemko Banda Aceh. (*)