MTs Tastafi Hadir di Pidie Jaya

MTs Tastafi Pidie Jaya kini hadir. Kehadirannya dalam upaya mencerdaskan generasi muda, sebuah lembaga pendidikan yang menggabungkan ilmu tauhid, tasawuf dan fiqih (Tastafi) dengan pendidikan umum.
MTs Tastafi Pidie Jaya
Tgk H Hasanulbasri (Abu MUDI) foto bersama wabup, Kakanwil Kemenag san sejumlah ulama usai meresmikan MTs Tastafi di Meureudu, Pijay, Selasa (19/1/2021). Acehsatu.com/ Abdullah Gani

ACEHSATU.COM | PIDIE JAYA — MTs Tastafi Pidie Jaya kini hadir. Kehadirannya dalam upaya mencerdaskan generasi muda, sebuah lembaga pendidikan yang menggabungkan ilmu tauhid, tasawuf dan fiqih (Tastafi) dengan pendidikan umum.

Lembaga yang diberi nama Madrasah Thanawiyah Tastafi (MTs-TASTAFI) berlokasi di Dayah Sirajul Huda  AL-Aziziyah Gampong Blang Awe Kecamatan Meureudu saat ini memiliki siswa 20 orang.

Peresmian/Lonchieng MTs-TASTAFI Pijay, ditandai dengan penyerahan sertifikat izin operasional oleh, Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal Muhammad S.Ag, M.Ag, Selasa (19/1/2021) diterima oleh Pimpinan Dayah Sirajul Huda, Tgk Ikhwani MA.  Acara tersebut ikut dihadiri, Pembina Tastafi Pusat, Tgk H Hasanul Basri (Abu MUDI), Wabup, H Said Mulyadi, Ketua DPW PPP,  Tgk H Amri Ali, Kekamenag Pijay, Ahmad Yani S.Pd.I dan Ketua F-PPP/DPRA, H Ihsanuddin MZ.

Kepada ACEHSATU.COMR, Tgk Ikhwani menyebutkan, bahwa lembaga yang  dipimpinnya kini berusia jelang setahun memiliki 20 orang anak didik (lulusan SDN ada 9 orang dan lulusan MI sebanyak 11 orang).Kehadiran MTs-TASTAFI di Pidie Jaya adalah untuk yang pertama di Aceh, seperti disampaikan Kakanwil Kemenag. Beliau berharap semoga menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya. “MTs Tastafi Pijay ini untuk yang pertama berdiri di Aceh, H Iqbal.

MTs Tastafi Pidie Jaya
Tgk H Hasanulbasri (Abu MUDI) foto bersama wabup, Kakanwil Kemenag san sejumlah ulama usai meresmikan MTs Tastafi di Meureudu, Pijay, Selasa (19/1/2021). Acehsatu.com/ Abdullah Gani

Karenanya, diharapkan keberadaan lembaga ini harus ditumbuhkembangkan dan diupayakan setiap tahun harus mampu mengkrekrut lulusan SD atau MI sebanyak mungkin, pinta Kakainwil Kemenag.

Menyahuti harapan tersebut, Pimpinan Dayah Sirajul Huda berjanji akan berupaya semaksimal mungkin. “Insya Allah kami bersama dewan guru akan berusaha,” sebut Tgk Ikhwani.

Peresmian MTs-TASTAFI Pijay juga dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Ratusan warga dari berbagai kalangan termasuk penduduk setempat serta dan masyarakat gampong sekitar diundang makan bersama. Pada kesempatan tersebut juga digelar tausiah oleh Abu MUDI. Amatan ACEHSATU.COM, suasana keakraban menyelimuti antar sesama. (*)