MTQ Tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah, Langsa Gelar Seleksi Qari

MTQ tingkat provinsi Aceh tahun ini digelar di Bener Meriah. Pemerintah Kota Langsa akan gelar kegiatan seleksi Qari dan Qariah peserta Musavaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).
MTQ Tingkat Provinsi Aceh
H. Aji Asmanuddin. S.Ag. MA. Foto Istimewa

ACEHSATU.COM | LANGSA – MTQ tingkat provinsi Aceh tahun ini digelar di Bener Meriah. Pemerintah Kota Langsa akan gelar kegiatan seleksi Qari dan Qariah peserta Musavaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

“Insya Allah jika tidak perubahan,seleksi akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis (2-3/12/2020) di Masjid Raya Darul  Falah Langsa” kata H. Aji Asmanuddin SAg MA, Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa, kepada ACEHSATU.COM, di ruang kerjanya, Selasa (24/11/2020).

MTQ Tingkat Provinsi Aceh
H. Aji Asmanuddin. S.Ag. MA. Foto Istimewa

Ia menerangka, yang menjalani seleksi adalah peserta terbaik dari lima Kecamatan dalam wilayah Pemko Langsa juga nantinya akan di uji kembali pada training centre (TC) tahap satu dan dua dengan peserta potensial dan penunggu.

Kegiatan seleksi juga akan dihadiri para Dewan Hakim dari Provinsi Aceh antara lain, untuk cabang Tilawah H. Hamli Yunus, S. Ag, Cab Qiraat Zamni Yunus, MA, Cab Tahfizh T. Mardhatillah, SHI, MH, Cab Tafsir Prof. Dr. Fauzi Saleh, Lc, MA dan Cab Syarhil Quran H. Akhyar, M. Ag.

Para Dewan Hakim inilah yang nantinya akan memberi penilaian untuk para peserta terbaik.

Sementara itu Kepala Bidang Dakwah dan Peribadatan Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa, Fauzaruddin, SPd.I menambahkab, seleksi MTQ itu diikuti tingkat anak-anak, remaja dan dewasa dengan cabang Musabaqah yakni, Tilawatil Quran, Qiraat Alquran, Tahfidz Quran, Tafsir Quran, Tartil Qur’an, Syarhil Quran, Fahmil Alquran, KTIQ karya tulis Ilmiah Quran dan Khattil Quran (*)