MPU Aceh Perbolehkan Masyarakat Shalat Idul Adha

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menyatakan pelaksanaan shalat id Idul Adha 1442 Hijriah harus dengan protokol kesehatan ketat guna mencegah penularan COVID-19.
MPU Aceh
Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali. ANTARA/M Haris SA

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menyatakan pelaksanaan shalat id Idul Adha 1442 Hijriah harus dengan protokol kesehatan ketat guna mencegah penularan COVID-19.

Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali di Banda Aceh, Senin, mengatakan pelaksanaan shalat id Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan ketat tertuang dalam Tausiah MPU Aceh tentang pelaksanaan ibadah Idul Adha, penyembelihan hewan kurban dan kegiatan keagamaan lainnya.

"Diminta pengurus masjid memastikan pelaksanaan id Idul Adha menerapkan protokol kesehatan serta mengatur khutbah secara singkat dan padat," kata Tgk H Faisal Ali yang akrab disapa Lem Faisal

Begitu juga dengan takdir, kata Lem Faisal, MPU Aceh mengatakan setiap komponen masyarakat mengumandangkan takbir di masjid, tempat ibadah, dan di kediaman masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

MPU Aceh
Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali. ANTARA/M Haris SA

MPU, kata Lem Faisal, juga meminta setiap komponen masyarakat menyambut hari raya Idul Adha dengan melaksanakan ibadah shalat id dan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama.

Menyangkut proses penyembelihan hewan kurban, Tgk H Faisal Ali meminta panitia penyembelihan hewan kurban menyesuaikan jumlah personel, menambah tempat penyembelihan serta membagi waktu penyembelihan menjadi dua, tiga, dan empat hari.

"Kami juga meminta pemerintah memfasilitasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, dan kegiatan keagamaan lainnya, sehingga terlaksana sesuai ketentuan syariat dan terhindar dari potensi penularan COVID-19," kata Tgk H Faisal Ali.

Tgk H Faisal Ali mengatakan pandemi COVID-19 masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Wabah virus corona yang dikenal dengan nama COVID-19 juga berdampak pada pelaksanaan hari raya Idul Adha dan kegiatan keagamaan lainnya.

Oleh karena itu, kata Tgk H Faisal Ali, MPU Aceh mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap dan terus meningkatkan kewaspadaan diri terhadap ancaman pandemi COVID-19.

"Patuhi protokol kesehatan. Selalu memakai masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan, selalu menjaga jarak, serta menghindari kerumunan," kata Tgk H Faisal Ali. (*)