Nasional

Momen Sail Sabang Irwandi Ajukan Pembukaan Rute Penerbangan Aceh-Jepang ke Wapres

Gubernur Aceh Irwandi ajukan usulan pembukaan rute penerbangan Banda Aceh-Tokyo.

Foto | Istimewa

ACEHSATU.COM | SABANG – Bersama kehadiran beberapa menteri di Sabang, Saat Wapres Yusuf Kalla (JK) membuka Sail Sabang 2017, Gubernur Aceh Irwandi ajukan usulan pembukaan rute penerbangan Banda Aceh-Tokyo, Sabtu (2/12/2017).

Sebelumnya, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, meminta agar Wakil Presiden Republik Indonesia untuk merestui permintaan pembukaan rute penerbangan dari Banda Aceh – Tokyo. Penerbangan langsung itu nantinya akan menjadi jalur udara ekspor tuna dari Aceh ke negeri sakura itu.

“Kepada Pak Wapres, mohon agar jalur penerbangan langsung dari Banda Aceh – Tokyo bisa untuk dibuka,” kata Irwandi.

Selain meminta pembukaan jalur udara, Irwandi juga meminta kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti dan Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan untuk menjadikan Banda Aceh dan Sabang sebagai pelabuhan maritim untuk ekspor perikanan.

“Dengan demikian ekspor dari Aceh tidak lagi dibawa ke Belawan Medan,” ujar Irwandi.

Apa yang diminta Irwandi atas dasar ekonomi kelautan Aceh yang sangat besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Lebih dari separuh wilayah Aceh adalah lautan. Dengan dijadikan dua kota itu sebagai pelabuhan maritim, akan meningkatkan arus investasi di Aceh.

Melalui kegiatan Sail Sabang 2017 tersebut, JK juga menganjurkan agar Aceh harus maksimalkan pemanfaatan Bandara Internasional Iskandar Muda di Aceh Besar. Pasalnya, runway pelabuhan di Blang Bintang itu punya kapasitas untuk didarati kapal berbadan besar. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top