Mobil Masuk Aceh Tidak Dilarang Tapi Diperiksa Covid-19

Mobil Masuk Aceh Tidak Dilarang Tapi Diperiksa Covid-19

ACEHSATU.COM  [ BANDA ACEH –  Aparat polisi yang berjaga di sejumlah pos perbatasan Aceh dan Sumatera Utara tidak melarang mobi penumpang umum, angkutan barang  maupun mobil pribadi masuk ke Aceh namun siapapun yang masuk tetap melalui  protokol pemeriksaan virus covid-19 atau virus corona.

“Sampai sekarang belum ada angkutan umum baik barang maupun penumpang  dan kenderaan pribadi dari arah Medan masuk ke Aceh disuruh balik arah oleh petugas,” kata Kombes Pol Dicky Sondani kepada wartawan, Kamis (1/5/2020)

Menurut mantan Kapolres Aceh Tamiang ini, Aceh sangat tergantung dengan provinsi tetangga sehingga sebagian besar barang maupun kebutuhan pokok masyarakat Aceh dipasok dari Sumatera Utara.

Selain itu, warga Aceh bolak balik ke Sumatera Utara menjadi hal biasa,  selain dekat, orang Aceh juga melakukan aktifitas bisnis dan sangat dirugikan apabila perjalanan mereka terhambat .

Pemeriksaan Covid-19

Walapun mobil angkutan pribadi, umum dan barang  diperbolehkan masuk ke Aceh namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, dimana setiap orang yang masuk wilayah Aceh diharuskan menjalani pemeriksaan virus corona di pos-pos perbatasan.

Ini dilakukan untuk  mengetahui suhu badan agar tdak melebihi toleransi yang ada, jika ditemukan ada suhu badan tinggi diatas 38 derajat maka orang tersebut di cegah masuk ke Aceh.

Dan yang bersangkutan harus menjalankan karantina selam 14 hari.  “Dari pemeriksan di pos perbatasan sampai saat ini belum ditemui orang yang  terpapar viris covid-19 ini,”  sambung Dri Lantas ini dan menambahkan, Aceh ini steril, tetapi karena ada orang dari luar masuk ke Aceh membawa virus, akhirnya menyebar di Aceh (*)