oleh

Misi Pulangkan Warga Aceh dari Malaysia, Mualem Temui Prabowo dan Sejumlah Menteri

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh, Muzakkir Manaf atau yang kerap disapa Mualem sudah dan akan terus melakukan upaya-upaya khusus terkait misi memulangkan ribuan warga Aceh yang hingga kini masih tertahan di Malaysia.

Mualem bahkan disebutkan akan bertemu sejumlah Menteri dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Letjen TNI Doni Munardo.

Jurur Bicara Partai Aceh, Muhammad Saleh dalam keterangannya, Rabu (1/7/2020) mengatakan Mualem telah bertemu Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi membicarakan langkah pemulangan warga Aceh di Malaysia.

Selanjutnya, Mualem dijadwalkan bertemu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto, dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“Tujuan pokok pertemuan adalah, melakukan komunikasi dan koordinasi. Sebab, semua ini menyangkut hubungan antarnegara,” kata Muhammad Saleh.

Terkait biaya pemulangan, Muhammad Saleh mengatakan Mualem didampinggi Sekjen DPA Partai Aceh H Kamaruddin Abu Bakar (Abu Razak) bersama pengurus lainnya telah bertemu dan mengadakan rapat terbatas dengan sejumlah Bupati dan Wali Kota serta pimpinan DPRA dan DPRK dari Partai Aceh se-Aceh.

Hasilnya, disepakati untuk menanggung bersama biaya pemulangan tersebut. Setiap Bupati, Wali Kota dan DPRK, menanggung biaya untuk warganya sendiri.

Mengenai tata cara pemulangan, kata Muhammad Saleh, Mualem dengan tegas meminta Tim Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh menerapkan dengan ketat protokol kesehatan. Mulai dari Malaysia hingga tiba di Aceh.

“Kami akan tetap melakukan rapid test terhadap setiap warga Aceh yang pulang harus menjalani rapid test. Mereka juga menjalani karantina 14 hari di daerah masing-masing,” tandas Muhammad Saleh. (*)

Indeks Berita