Internasional

Militer Israel Temukan Terowongan Hizbullah di Perbatasan Lebanon

“Kami bertindak dengan tekad dan tanggung jawab di semua sektor secara bersamaan. Kami akan melanjutkan dengan tindakan lain, terbuka dan terselubung, untuk memastikan keamanan Israel,” tambahnya.

ACEHSATU.COM | YERUSALEM – Militer Israel pada Selasa (05/12/2018) mengatakan sebuah terowongan lintas batas ditemukan di dekat perbatasan dengan Lebanon.

Dalam sebuah pernyataan, tentara mengatakan terowongan itu digali oleh kelompok Hizbullah di kota Kafr Kela, Lebanon.

“Terowongan itu tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap warga Israel di wilayah sekitarnya,” kata seorang tentara.

BACA : Sempat Ditahan Pasukan Israel, Gubernur Yerusalem Dibebaskan

Sebelumnya pada Selasa, Israel melancarkan operasi militer untuk mengekspos dan menutup terowongan lintas perbatasan yang diduga digali oleh Hizbullah di sepanjang perbatasan Lebanon.

Militer Israel mengatakan upaya itu, yang disebut Operasi Perisai Utara, bertujuan untuk menggagalkan serangan Hizbullah di terowongan yang membentang di dalam wilayah Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji upaya tersebut, menyebutnya sebagai keberhasilan operasi anti-terowongan.

“Tujuan operasi itu adalah mengekspos dan menetralisir teror terowongan dari Lebanon,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Netanyahu mengatakan siapa pun yang mencoba mencelakakan Israel akan membayar harga yang mahal.

BACA : Soal Yerusalem, Putin Nyatakan Dukung Palestina

“Kami bertindak dengan tekad dan tanggung jawab di semua sektor secara bersamaan. Kami akan melanjutkan dengan tindakan lain, terbuka dan terselubung, untuk memastikan keamanan Israel,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden Lebanon Michel Aoun telah meminta aparat keamanan negaranya untuk memantau secara ketat penggalian Israel di wilayah Lebanon,” lapor kantor berita resmi Lebanon (NNA).

Aoun juga menghubungi Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri, Perdana Menteri Saad Hariri dan Panglima Angkatan Darat Jenderal Joseph Aoun soal operasi Israel.

Hizbullah belum memberikan tanggapan mengenai klaim Israel ini.

Pada 2006, Israel melancarkan perang melawan Hizbullah yang menewaskan setidaknya 1.200 orang, sebagian besar warga sipil Lebanon.

Sumber : Anadolu Agency

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top