Breaking News

Menulis Ujaran Kebencian di Medsos, Plt Kadis DPMG Lhokseumawe Ditahan

Tersangka BK ditangkap karena menyebar ujaran kebencian atau isu SARA terhadap pemerintah dan kepolisian melalui media sosial Facebook.

Foto | http://acehtrend.com

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE – Ditengarai menyebarkan ujaran kebencian via sosial media (sosmed), seorang Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) kota Lhokseumawe inisial BK (48 tahun) ditahan oleh Personil Satreskrim Polres di Mapolres Lhokseumawe, Selasa (15/5/2018).

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan menyebutkan bahwa pengungkapan kasus BK sebagai pelaku pelanggaran Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) ini berawal dari dilakukannya patroli siber oleh tim cyber Polres Lhokseumawe.

Tersangka BK ditangkap karena menyebar ujaran kebencian atau isu SARA terhadap pemerintah dan kepolisian melalui media sosial Facebook melalui akun miliknya bernama Bukhari Syamruh dan Bukhari Sr.

“BK ditangkap secara jebakan dengan cara kita undang ke Polres Lhokseumawe, setelah dilakukan penyelidikan dan menggelar perkara kecil sebelumnya, konfirmasi dengan ahli terkait tulisan ujaran kebencian tersebut pun dilakukan, serta mengklarifikasi kepada yang bersangkutan, dan ternyata tersangka mengakui jika itu dia yang menulisnya,” kata Kapolres. Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan.

Ujaran kebencian oleh BK sudah dilakukan pada Januari 2017, hingga sekarang pihak kepolisian juga telah mengumpulkan barang bukti berupa hasil print out screen shoot, (tulisan yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat, dari akun Facebook tersebut).

“Aktivitas tersangka dengan menggugah ujaran kebencian itu dimulai sejak Januari 2017,” papar Kapolres yang didampingi Kabag Ops Kompol Ahzan dan Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha Waruwu.

Postingan-postingan dugaan ujaran kebencian tersebut telah mulai diposting BK sendiri sejak awal tahun 2017, dan terakhir hari Selasa, 15 Mei 2018.

Di antara postingan kata-kata yang muncul melalui akun sosial tersangka ada terkait insiden di Mako Brimob, dan berbagai hal lainnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top