Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko akan Teken MoU dengan USK

Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Doleek menyatakan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko akan berkunjung ke Indonesia pada awal bulan Juni 2021 dan akan dilanjutkan ke Provinsi Aceh, serta secara khusus akan mengunjungi USK.
Menteri Lingkungan Hidup
Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng (Kanan), berdiskusi dengan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, H.E. MR. Jaroslav Doleček beserta rombongan pada saat melakukan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala. Foto Istimewa

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH  – Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Doleek menyatakan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko akan berkunjung ke Indonesia pada awal bulan Juni 2021 dan akan dilanjutkan ke Provinsi Aceh, serta secara khusus akan mengunjungi USK.

“Kunjungan kami disini juga bagian dari persiapan untuk Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Ceko nantinya ke USK,” katanya di USK, Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan kunjungan Menteri tersebut juga akan diikuti oleh delegasi dari negara yang terdiri dari Para Pengusaha dan Rektor dari beberapa Universitas, termasuk di dalamnya Rektor Ostrava University yang telah menandatangani MoU dengan USK.

“Dengan adanya kunjungan tersebut nantinya akan semakin memperkuat kerja sama antar berbagai pihak, termasuk khususnya dengan USK,” katanya.

Rektor USK, Prof Samsul Rizal yang menerima kunjungan Duta Besar Republik Ceko Untuk Indonesia mengatakan USK merasa sangat terhormat atas kunjungan delegasi Dubes Republik Ceko ke kampus USK.

“Kunjungan  bertujuan melanjutkan hubungan kerja sama dan menjajaki beberapa peluang kerja sama lain, antara USK dengan berbagai Perguruan Tinggi di Ceko.

Menteri Lingkungan Hidup
Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng (Kanan), berdiskusi dengan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, H.E. MR. Jaroslav Doleček beserta rombongan pada saat melakukan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala. Foto Istimewa

“Kita ingin melanjutkan kerja sama antar universitas kita (USK dan beberapa universitas di Ceko), khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan,” kata Rektor.

Rektor juga menilai tentang perkembangan nano technology yang dimiliki oleh Republik Ceko sangatlah menarik.

Saat ini USK telah memiliki program kerja sama dengan University Malaya untuk pengembangan natural nano fiber.

Rektor  berharap USK bisa melakukan kolaborasi riset dengan beberbagai perguruan tinggi yang ada di Ceko untuk pengembangan teknologi tersebut.

Sebagai bentuk jalinan kerja sama tersebut, Rektor mengatakan bahwa USK telah berinisiatif untuk memperkenalkan kebudayaan Ceko di lingkungan kampus yakni dengan mendirikan Czech Corner di Perpustakan USK. (*)