Melalui Dinas Pertanian Pemkab Aceh Barat Kembangkan Bawang Merah Seluas 14 Hektare

“Pengembangan tanaman bawang merah di Aceh Barat mampu meningkatkan ekonomi petani,”
Pemkab Aceh Barat kembangkan bawang merah
Pengembangan budidaya tanaman bawang merah di Desa Padang Jawa, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat, melalui kelompok tani, Senin (18/7/2022).

ACEHSATU.COM | Meulaboh – Melalui Dinas Pertanian Pemkab Aceh Barat Kembangkan Bawang Merah Seluas 14 Hektare.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) mengembangkan tanaman bawang merah di lahan seluas 14 hektare di Kecamatan Woyla dan Kecamatan Bubon.

“Pengembangan tanaman bawang merah di Aceh Barat mampu meningkatkan ekonomi petani,” kata Kepala Bidang Hortikultura DPTPH Kabupaten Aceh Barat Bos Ariadi Muis di Meulaboh, Senin.

Ia menjelaskan ada pun lokasi pengembangan bawang merah yakni di Desa Gempa Raya dan desa Padang Jawa, Kecamatan Woyla.

Di dua lokasi tersebut, kata dia, masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani turut mendapatkan bantuan bibit bawang merah sebanyak dua ton dan mulsa sebanyak 20 rol.

Sedangkan untuk kelompok tani di Desa Liceh, Kecamatan Bubon, masyarakat mendapatkan bantuan sebanyak 10 ton bibit bawang merah, 80 liter pupuk organik cair, 80 ton pupuk hayat cair, 1.500 kilogram pupuk NPK, serta 50 roll mulsa.

“Khusus untuk Kecamatan Bubon, Aceh Barat, sumber bantuannya dari APBN 2022. Sedang di Kecamatan Woyla dari APBA,” kata Bos Ariadi Muis menambahkan.

Dengan adanya bantuan bawang merah dari sumber dana APBA dan APBN, sangat membantu produksi dan produktivitas bawang merah di Kabupaten Aceh Barat.

Pemerintah daerah setempat juga berharap alokasi bantuan dapat ditingkatkan.

Sebab, pengembangan bawang merah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga menjaga stabilitas harga pasar, demikian Bos Ariadi Muis.