Medco Latih Petani Tingkatkan Produksi Pohon Buah Segar

Untuk meningkatkan pendapatan petani lewat budidaya pohon penghasiol buah segar, PT Medco E&P Malaka melatih sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Gampong Pelita Sagop Jaya dengan cara belajar okulasi bibit pohon durian dan pohon buah segar lainnya. Minggu (14/11/2021)
petani
Teks foto PT Medco E&P Malaka melatih sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Gampong Pelita Sagop Jaya dengan cara belajar okulasi bibit pohon buah segar lainnya. Minggu (14/11/2021) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Untuk meningkatkan pendapatan petani lewat budidaya pohon penghasiol buah segar, PT Medco E&P Malaka melatih sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Gampong Pelita Sagop Jaya dengan cara belajar okulasi bibit pohon durian dan pohon buah segar lainnya. Minggu (14/11/2021)

Keuchik Gampong Pelita Sagop Jaya kepada acehsatu.com, Selasa (23/11/2021) mengatakan, ilmu dari pelatihan  yang dilakukan perusahaan Medco sangat bermanfaat untuk masyarakat karena petani dapat meningkatkan mutu tumbuhan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yg bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru yang disebut okulasi.

petani
Teks foto PT Medco E&P Malaka melatih sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Gampong Pelita Sagop Jaya dengan cara belajar okulasi bibit pohon buah segar lainnya. Minggu (14/11/2021) acehsatu.com/ist

Dengan sistim okulasi ini  akan lebih menguntungkan petani  karena  dapat  memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil tanaman durian dan buah segar lainnya sehingga kedepan dapat meningkatkan produksi buah segar yang berimbas meningkatnya pendapat ekonomi keluarga.

Lanjut Keuchik, dari pelatihan tersebut, kedepan para petani yang terlatih ini kita harapkan dapat melatih petani lainnya di desa agar warga paham bagaimana sistem hortikultura ini, sehingga  dapat mengembangkannya di lahan masing-masing.

“Alhamdulillah warga kami yang tergabung dalam kelompom tersebut sudah sangat paham dan mengerti bagaiman cara memperbanyak okulasi pohon buah segar,” ujar Keuchik Pelita Sagop jaya didampingi ketua kelompok (*)