Advertorial

Medco E&P Malaka Komit Kembangkan Blok A, Peusijuek Sumur Jr-74 Jadi Bukti

Kini, Perusahaan akan kembali mengebor sumur migas keenam di Lapangan Julu Rayeuk, Desa Bandar Baro, Indra Makmu, Aceh Timur.

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR —  Komitmen PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) mengembangkan investasi industri migas di Aceh Timur tidak diragukan lagi.

Kini, Perusahaan akan kembali mengebor sumur migas keenam di Lapangan Julu Rayeuk, Desa Bandar Baro, Indra Makmu, Aceh Timur.

Medco E&P mengawali kegiatan pengeboran tersebut dengan menyelenggarakan peusijuek sumur JR-74 pada Sabtu (14/4/2018) di Desa Bandar Baro.

Peusijuek dilaksanakan guna memohon keberkahan dan kelancaran pengeboran serta komitmen Perusahaan dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal Aceh.

Kegiatan Peusijuk ini dihadiri oleh perwakilan Muspika Indra Makmu, tokoh dan masyarakat Desa Bandar Baro dan Blang Nisam serta pekerja Medco E&P.

Manager Operation Medco E&P Ali Hamzah pada kesempatan tersebut menyampaikan, kini, perusahaan sedang melakukan pengembangan lapangan gas di Aceh Timur.

Proyek Blok A ini merupakan proyek strategis nasional dan akan memberikan hasil maksimal untuk Aceh.

Diantaranya menambah Pendapatan Daerah Aceh dan Aceh Timur serta adanya multiplier effect bagi perekonomian masyarakat sekitar wilayah operasi.

Selain juga, adanya berbagai program pemberdayaan masyarakat, seperti pertanian dan peternakan organik yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk masyarakat.

“Keberhasilan Medco E&P pada proyek ini merupakan acuan bagi investor agar tidak ragu untuk menanam investasi di Aceh. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi Aceh kondusif dan aman,” ujar Ali.

Sementara, Camat Indra Makmu yang diwakili oleh Sekcam Imransyah mengatakan, kehadiran Medco E&P merupakan keberkahan yang harus diterima dengan baik agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Timur.

“Jika selama ini Medco E&P mengalami beberapa hambatan, harap dimaklumi. Selama ini, Perusahaan telah membantu pengerasan Jalan Gampong. Terkait upaya tersebut, kami berharap, masyarakat dapat memahami proses pemanfaatan jalan tersebut dengan baik,” ujar Imransyah.

Ketua Majelis Adat Aceh Indra Makmu Tgk Muhammad Irwandi atau Ustad Wandi mengapresiasi Medco E&P yang melaksanakan kegiatan peusijuk di JR-74.

“Medco E&P telah menjaga dan melestarikan kearifan lokal di Aceh sehingga keberadaan perusahaan bisa dirasakan kehadirannya oleh masyarakat sekitar lokasi proyek,” ujar Ustad Wandi.

Rangkaian peusijuk yang dilakukan dengan penaburan beras padi (breuh padee), air tepung tawar, dan menyunting nasi ketan (bu leukat) berjalan dengan lancar dan khidmat.

Para tokoh yang melakukan peusijuk diantaranya Tgk Ilyas Luthan, Imum Mukim Alue Ie Mirah, Usman Wahab dan Tuha Peut Gampong Bandar Baro, Tgk. Suparno.

Penerima peusijuek adalah para pekerja diantaranya Ali Hamzah, Yongky dan Endek Sudrajad. Prosesi ini dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim yang tinggal di Desa Bandar Baro dan Blang Nisam. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top