Medco E&P Malaka Gelar Kegiatan Serah Terima Bibit dan Tanam Perdana di Aceh Timur

Medco E&P Malaka menggelar serag terima bibit dan tanam perdana tanaman buah program budidaya tanaman hortikultura kerjasama dengan Unit Pelaksana Kecamatan (UPK) Indra Makmu yang digelar di Kecamatan Indra Makmu Aceh Timur, Jumat (27/08/2021).
Medco E&P Malaka
Foto Lukfar Razi

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Medco E&P Malaka menggelar serag terima bibit dan tanam perdana tanaman buah program budidaya tanaman hortikultura kerjasama dengan Unit Pelaksana Kecamatan (UPK) Indra Makmu yang digelar di Kecamatan Indra Makmu Aceh Timur, Jumat (27/08/2021).

Penyerahan dan penanaman perdana bibit tersebut dilakukan secara langsung oleh Field Relation Manager  Medco E&P Malaka Rivian Pragitta Oktara di Kantor Kecamatan Indra Makmu dan untuk penanamannya di Gampong Blang Nisam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan kabuapaten Aceh Timur,Muspika Kecamatan Indra Makmu,dan tokoh masyarakat serta kelompok tani serta UPK Kecamatan Indra Makmu.

General Manager Medco E&P Malaka Susanto melalui Field Relation Manager  Medco E&P Malaka Rivian Pragitta Oktara berharap program hortikultura ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan membantu menjaga pelestarian lingkungan di sekitar area operasi, terutama di lahan-lahan masyarakat.

Medco
Foto Lukfar Razi

“Hari ini kami mewakili manajemen PT Medco E&P Malaka mengucapkan terimakasih atas hasil kolaborasi bersama Muspika, Dinas Pertain dan UPK Kecamatan Indra Makmu serta masyarakat, sehingga kita dapat melaksanakan serah terima dan tanam perdana pada hari ini 6.500 bibit batang bawah, 305 bibit unggul yang nantinya akan dikembangkan oleh UPK dan nantinya pada akhirnya akan disebarkan kepada masyarakat di 13 gampong di Indra Mamu," kata ,” Rivian Pragitta Oktara.

Dengan program ini, Medco E&P dapat maju bersama dengan masyarakat melalui pengembangan potensi-potensi perekonomian masyarakat.

Selain itu, Camat Indra Makmu Elviadi SP menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan perdana tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada PT Medco E&P Malaka yang telah memberi bantuan kepada masyarakat Indra Makmu tentang kegitan pemberdayaan yaitu pembangunan kebun induk tanaman hortikultura khusunya tanaman durian.

"Kedepan Insya Allah komoditi dari tanaman durian ini menjadi komoditi unggulan kecamatan Indra Makmu selain dari komoditi tanaman lain seperti kebun sawit dan karet dan kepada UPK Kecamatan Indra Makmu saya juga mengucapkan terimakasih telah memberikan inspiratif atau inovatif kepada warga kecamatan Indra Makmu,” ujar Camat Indra Makmu.

Adapun bibit yang di berikan sebanyak 6.500 bibit batang bawah, 305 bibit unggul tanaman buah dan perlengkapan pendukung serta mengaktifkan tenaga pendamping lokal untuk petani di sana.

Selain itu,  jenis bibit yang dibutuhkan masyarakat dari hasil musyawarah adalah Durian, Mangga, Rambutan, Lengkeng, Jambu Kristal, Jeruk, Anggur Brazil.

Acara tersebut di laksankan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. (*)