Mau Tembus Lowongan BUMN? Simak Tips Wawancara Ala Erick Thohir

ACEHSATU.COM – BUMN membuka pendaftaran rekrutmen tahun 2023 pada 5-20 Mei mendatang. Untuk itu, sebelum mendaftar lowongan tersebut simak tips wawancara ala Erick Thohir yang bisa dipersiapkan. Erick Thohir merupakan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang belum lama ini kerap membagikan tips wawancara melalui akun media sosialnya. 1. Coba Ajukan Pertanyaan Ketika Selesai Wawancara Erick … Read more

ACEHSATU.COM – BUMN membuka pendaftaran rekrutmen tahun 2023 pada 5-20 Mei mendatang. Untuk itu, sebelum mendaftar lowongan tersebut simak tips wawancara ala Erick Thohir yang bisa dipersiapkan.

Erick Thohir merupakan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang belum lama ini kerap membagikan tips wawancara melalui akun media sosialnya.

1. Coba Ajukan Pertanyaan Ketika Selesai Wawancara

Erick Thohir menyebut saat akhir wawancara biasanya HDR akan mengajukan kembali satu pertanyaan “Apakah ada pertanyaan?” kepada orang yang diwawancarai.

Cobalah untuk tidak mengacuhkan pertanyaan tersebut dengan mengajukan pertanyaan yang relevan dengan pekerjaan, karena Erick Thohir menyebut momen itu bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk memperlihatkan kemampuan si pelamar.

Tidak hanya itu, kesempatan tersebut juga akan membuat si pewawancara memvisualisasikan pelamar sebagai pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga hal ini akan memberikan keunikan bagi pelamar dibandingkan pelamar lainnya.

Adapun pertanyaan yang diajukan berupa “Kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di perusahaan ini. Sekiranya apa saja yang perlu saya lakukan agar perusahaan merasa kalau mempekerjakan saya adalah sebuah keputusan yang baik.”

Selain itu ada juga beberapa tips wawancara lainnya yang penting untuk diperhatikan sebagai berikut.

Erick Thohir membagikan tips saat dipanggil wawancara kerja BUMN (istimewa)

2. Pelajari Profil Perusahaan yang Dilamar

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan untuk memahami profil dari perusahaan yang dilamar. Cobalah untuk melakukan riset mengenai posisi dan latar belakang perusahaan tersebut.

Kenali pula industri dari perusahaan, hal ini umumnya bisa ditemui melalui situs resmi atau media sosial perusahaan yang dilamar. Bahkan biasanya dalam situs porta lowongan sudah tertera deskripsi singkat perusahaan.

3. Persiapkan Jawaban dengan Matang

Wawancara pekerjaan umumnya akan melontarkan pertanyaan umum terkait kandidat, seperti:

“Apa saja kekurangan dan kelebihan diri Anda?

Bagaimana menghadapi kekurangan pada diri Anda?”

Karena pernyataan tersebut bersifat umum dan bisa ditemukan pada setiap seleksi wawancara, maka ada baiknya untuk sudah mempersiapkan jawaban dengan matang dan sesuai.

Cobalah untuk mencatat jawaban dari pertanyaan umum tersebut dan melafalkannya dengan percaya diri. Agar ketika ditanya, pelamar dapat menjawabnya dengan nada yang tidak kaku.

4. Gunakan Bahasa Tubuh yang Sopan

Meskipun sudah mempersiapkan jawaban dan memiliki kemampuan yang baik, tetap penting untuk memperhatikan bahasa tubuh yang sopan. Karena hal ini dapat menggambarkan kecakapan kandidat dalam berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor.

Sesuaikan juga gaya bahasa yang digunakan, hindari penggunaan bahasa yang dianggap tidak sopan dan bernada tinggi. Pastikan tidak menggunakan gerak tubuh yang negatif seperti menunjuk atau menyilangkan tangan di dada selama wawancara.

5. Datang 30 Menit Lebih Awal

Ketika ingin wawancara pastikan untuk datang 10-30 menit lebih awal dari waktu yang dijanjikan. Waktu ini dapat dijadikan persiapan diri dan merapikan kembali penampilan yang mungkin kacau selama perjalanan.

Sangat disarankan untuk tidak terlambat datang ketika wawancara karena akan menimbulkan kesan kurang menghargai kesempatan. (*)

AcehSatu Network
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.