oleh

Mau Tau Cara Mengatasi Dehidrasi di Bulan Ramadhan? Lihat Disini

Laporan: Irfan Habibi

ACEHSATU.COM – Lebih kurang seminggu lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan, bulan ini merupakan bulan yang di nanti – nantikan kedatangannya oleh seluruh umat muslim di dunia.

Pada bulan Ramadhan seluruh umat muslim di wajibkan untuk mengerjakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, salah satunya adalah berpuasa.

Puasa sendiri adalah proses menahan lapar, haus, serta mejauhkan diri dari segala hal-hal yang membatalkannya.

Beberapa dari kita memang sering mengalami gangguan kesehatan saat berpuasa, seperti dehidrasi salah satunya.

Dehidrasi merupakan masalah yang akan menghambat kita disaat menjalani aktivitas puasa.

Hal ini dikarenakan disaat berpuasa tubuh banyak kehilangan cairan yang dibutuhkan, akibatnya kesehatan dan keseimbangan tubuh terganggu dan tidak berfungsi secara normal.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa? Berikut beberapa cara mudah mencegah dehidrasi selama bulan Ramadhan.

Pertama, minumlah air sesuai kebutuhan. Sejatinya orang dewasa harus mengkonsumsi air mineral minimal dua liter perhari atau delapan gelas perharinya, hal ini bukan berarti berpatokan pada takaran tersebut.

Bisa saja berubah sesuai dengan kebutuhan individu, karena pada dasarnya cairan yang di butuhkan setiap individu berbeda seperti halnya kalori dalam tubuh kita.

Jadi, alangkah baiknya anda konsumsi air mineral tersebut sebanyak empat gelas setelah berbuka, dua gelas ketika mau tidur, dan dua gelas lagi disaat sahur.

Kedua, hindari makanan asin saat sahur. Pada dasarnya makanan yang mengandung garam sangat berpengaruh dalam pengaturan cairan tubuh.

Sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung garam atau asin. Usahakan mengkonsumsi yang manis-manis dan mengandung air cukup saat sahur tiba.

Ketiga, perbanyak konsumsi buah – buahan. Buah sangat terkenal dengan vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya, lebih baik lagi mengkonsumsi buah-buahan yang mempunyai kandungan air banyak, maka sangat baik jika memperbanyak makan buah disaat sedang berbuka atau setelah berbuka.

Keempat, utamakan konsumsi air putih. Kebanyakan kita disaat sahur dan berbuka mengabaikan air putih, kita lebih memilih minuman yang berkafein, jus, sirup, padahal manfaatnya tidak bagus untuk tubuh, jadi usahakan utamakan konsumsi air putih terlebih dahulu saat berbuka dan sahur.

Kelima, ketika anda banyak mengkonsumsi protein, usahakan memperbanyak mengkonsumsi karbohidrat, ini akan mengimbangi dan membantu anda terhindar dari dehidrasi.

Itulah beberapa cara mengatasi dehidrasi saat bulan Ramadhan tiba, Semoga bermanfaat. (*)

Komentar

Indeks Berita