oleh

Mau Hidup Sehat Setiap Hari? Begini Caranya

Laporan: Ahmad Sayuti

ACEHSATU.COM – Kesehatan merupakan kunci untuk melakukan aktifitas apapun, seseorang yang memiliki skill pasti tawaran pekerjaanya banyak, nah untuk mengambil tawaran kerja yang banyak tadi yang harus dijadikan prioritas utama adalah kesehatan, kenapa harus kesehatan yang harus dijadikan prioritas utama, hal ini disebabkan dengan menjaga kesehatan pekerjaan banyak sekaligus bisa di atasi dengan baik. Jelas bahwa kesehatan adalah penentu berhasilnya segala aktifitas.

Sehat itu sangat indah, seperti kata pepatah “kita bisa karena sehat,” pemahamannya yaitu seseorang bisa melakukan aktifitas segala-galanya asalkan jiwa raganya sehat.

Di kutip dari buku Teguh Aribowo, Rahasia Hidup Sehat Setiap Hari, 2012. Yang dimaksud dengan sehat adalah suatu keadaan atau kondisi seseorang dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, terhindar dari berbagai macam penyakit, dan mampu mengekspresikan diri dengan baik.

Yang menjadi permasalahan sekarang adalah kebanyakan orang-orang tidak mengetahui bagaimana pola hidup yang sehat, akibatnya banyak orang-orang terkena serangan penyakit berbahaya dan ini bisa menganggu kita.

Seperti apa sih pola hidup sehat, cara hidup sehat sebenarnya sangat mudah di deteksi, bila daya tahan tubuh kita menurun dan dapat merasakan respon negatif yang keluar dari tubuh, tandanya kita sudah bisa medeteksi bahwa pola hidup yang diterapkan sebelumnya tidak sehat, nah apabila sebaliknya, tubuh merespon secara positif, seperti daya tahan tubuh tidak menurun, nah itu tandanya pola hidup yang sebelumnya diterapkan sudah baik dan benar.

Sebenarnya, contoh gaya hidup tidak sehat itu seperti jauhnya seseorang dari gaya hidup yang natural, arti natural disini adalah alamiah, pemahaman secara mudah gaya hidup alamiah yaitu gaya hidup seperti nenek-nenek moyang kita pada zaman dahulu, dimana gaya hidup orang dulu bebas dari namanya bahan kimia, makanan yang dikonsumsi juga sangat jauh dari penggunaan bahan kimia, bandigkan dengan orang-orang yang hidup pada zaman sekarang mulai dari makanan, hingga pakaian bahkan pengobatan semua ini hasil reaksi kimiawi.

Itulah mengapa orang-orang yang hidup pada zaman sekarang rentan terkena berbagai macam penyakit.

Kurangnya istirahat adalah salah satu gaya hidup yang sering terjadi pada zaman modern ini, apa yang menyebabkan orang-orang pada zaman dahulu tubuhnya itu bugar walaupun sudah lanjut usia, ternyata orang-orang dulu sangat menjaga waktu istirahat.

Bandingkan dengan orang-orang yang hidup pada zaman sekarang khsusnya anak muda, realitasnya anak muda zaman sekarang kebanyakan megabaikan jam istirahat.

Sebenarnya apa penyebab orang-orang yang hidup pada zaman sekarang khusunya anak muda sering mengabaikan jam tidur malam yang semestinya, jawabannya yaitu teknologi.

Kecanggihan teknologi membuat orang-orang yang hidup di zaman sekarang lalai, akibatnya mereka tidak peduli lagi dengan jam istirahatnya, mereka tidur larut malam, bahkan ada yang bergadang dari terbenamnya matahari sampai terbit lagi matahari, inikan sudah menyimpang dan salah dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Bahayanya, orang-orang pada zaman sekarang khususnya anak muda sudah terkena penyakit malas, segala pekerjaan yang disuruh oleh orang tua, guru, dan dosen pasti hasilnya kurang memuaskan.

Sebaiknya gaya hidup yang penulis uraikan diatas jangan di ikuti, nah penulis juga akan memberikan beberapa aktivitas dalam menjaga kesehatan, supaya terbentuk gaya hidup yang positif.

Pertama, olah raga minimal dua hari sekali. Dengan olahraga secara rutin lemak-lemak yang ada didalam tubuh kita bisa dihilangkan dan rasa malas dapat teratasi.

Kedua, jangan tidur terlalu larut. Sebenarnya begitu besar dampak bagi orang-orang yang sering tidur terlalu larut namun kebanyakan orang-orang tidak mengetahuinya, salah satu dampak akibat sering tidur terlalu larut malam adalah sakit kepala dan malas.

Ketiga, terlalu banyak berpikir atau terbebani permasalahan. Akibat terlalu banyak berpikir hasilnya akan membuat seseorang menjadi stress, dan ini bisa berpengaruh ke gaya hidup yang kurang sehat.

Terakhir, berpikir positif dan bergembira. Tanamkan didalam pikiran bahwa masih banyak jalan untuk menuju Roma, apabila kita sedang di landa kegagalan serius, yakinlah pasti anda bisa menaklukannya dan jangan lupa bergembira.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa anda terapakan dalam kehidupan anda, semoga bermanfaat. (*)

Komentar

Indeks Berita