Banda Aceh

MaTA: BPMA Harus Diisi Sosok Berintegritas

Koordinator MaTa Alfian. FOTO DOK.MATAACEH.COM
Koordinator MaTa Alfian. FOTO DOK.MATAACEH.COM

Koordinator MaTa Alfian. FOTO DOK.MATAACEH.COM

Laporan Indra P Keumala

ACEHSATU.com, Banda Aceh — Pegiat antikorupsi mengingatkan agar Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) yang nantinya ditugasi mengurusi sumber daya alam minyak dan gas (migas) di Aceh harus diisi oleh sosok yang dikenal bersih dan berintegritas.

Hal ini ditekankan lembaga Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), karena mereka menilai sektor kerja BPMA merupakan wilayah yang rentan dengan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Wilayah kerja BPMA merupakan wilayah yang rentan dengan suap, wilayah yang rawan tindak pidana korupsi. Untuk itu kita berharap, orang-orang yang mengisinya harus mereka yang berintegritas,” ujar Koordinator  MaTa Alfian memberikan pendapatnya pada serial diskusi Prakarsa Politica, bertempat di D’Rodya Cafe Banda Aceh, Selasa (22/12/2015).

Dia kemudian mengharapkan agar aspek rekam jejak dijadikan pertimbangan utama pemerintah Aceh dalam merekrut calon pengelola badan migas tersebut. “Artinya kita perlu track, jangan sampai orang-orang yang tidak berintegritas malah masuk dan akan merusak iklim investasi,” tegasnya.

Selain itu, Alfian juga meminta semua pihak untuk mendorong terwujudnya transparansi pengelolaan sektor migas. Dalam catatannya, penerimaan dari sektor migas cenderung tertutup dan tidak mampu diakses publik.

“Hal ini penting karena data itu juga diperlukan untuk menghitung bagaimana pembagian 70:30 persen bagi Aceh,” tandasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top