oleh

Masyarakat Aceh Tamiang Diskusi dengan Haji Uma, Adukan Permasalahan Air dan Irigasi

ACEHSATU.COM | ACEH TAMIANG – Warga Aceh Tamiang menyampaikan permasalahan yang dihadapi para petani selama ini kepada Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma dalam acara diskusi warga yang diadakan di Desa Tanjong Keuramat, Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang. Jum’at (11/07/2019).

Adapun persoalan yang dilaporkan warga kepada Haji Uma ialah selama ini kekurangan pasokan air irigasi dari jaringan irigasi sungai yu. Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh faktor saluran terlalu dangkal di kecamatan Banda Mulia.

“Oleh sebab itu mengakibatkan 7 desa petani di kecamatan Banda Mulia tidak mengalir air secara maksimal dan juga perlu penambahan saluran sekitar 5 kilometer supaya air tersebut sampai ke semua sawah secara maksimal. Kami mengharapkan supaya ada jalan keluar untuk mengatasi masalah kami para petani ini,” Kata Marwanda salah satu warga yang hadir dalam acara tersebut.

 

Lanjutnya, karena kondisi tersebut sering menyebabkan hasil panen kami jauh dari harapan. “Bahkan saat musim kemarau kami sering mengalami gagal panen,” ungkap marwanda.

Haji Uma menanggapi permasalahan tersebut akan menindak lanjuti atas laporan yang disampaikan oleh masyarakat Kecamatan Banda Mulia.

“Kita sudah menampung anspirasi disampaikan oleh warga dan juga kita sudah menyarankan tadi kepada kepala desa setempat untuk mengajukan permohonan secara tertulis kepada DPRK setempat dengan dasar ini adalah kebutuhan masyarakat yang mendesak,” Kata Haji Uma.

“Insya Allah ketika sudah diajukan permohonan tersebut maka akan kita koordinasi dengan Dprk Aceh Tamiang untuk mencari cara menyelesaikan persoalan petani yang dihadapi selama ini yaitu masalah kekurangan air dan jaringan saluran irigasi,” Jelas Haji Uma.

Dimana seperti yang di utarakan oleh petani sebelumnya akibat kekurangan air maka para petani sering mengalami gagal panen. (*)

Komentar

Indeks Berita