Masuki Panen Raya, Ini Yang Dilakukan Masyarakat Gampong Wisata Nusa

Gampong Nusa
asyarakat sedang makan bersama (meuramin) di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (ANTARA)

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang merupakan salah satu desa wisata di Aceh menggelar acara makan bersama (Meuramin) memasuki panen raya di daerah setempat.

“Acara ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat akan tibanya panen raya padi,” kata Sekretaris Gampong Nusa, Endra Marliza di Aceh Besar, Sabtu.

Ia menjelaskan sudah menjadi tradisi turun-temurun bagi warga di gampong tersebut melaksanakan meuramin dengan tidak membatasi tamu yang hadir.

“Terkadang masyarakat membawa makanan masing-masing dan untuk hari ini masyarakat sepakat untuk masak kuah Pliek U,” katanya. 

Ada pun santapan yang dihidangkan dalam kegiatan tersebut seperti kuah Pliek U, telur dadar, ikan asin dan hidangan lainnya.

Hidangan tersebut disantap bersama oleh warga dan tamu yang hadir  di bantaran sungai kecil yang berada di Gampong Nusa.

Afni, salah satu pengunjung yang mengikuti meuramin setelah terakhir berkunjung pada tahun 2018 silam mengungkapkan kekagumannya terhadap kekompakan masyarakat Gampong Nusa. 

“Memang masyarakat di sini mengadakan acara itu dari mereka untuk mereka, saling bahu-membahu dan kompak,” kata Afni.

Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar terpilih sebagai satu dari 50 desa terbaik di Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (*)