oleh

Masa Libur Telah Usai, Pemerintah Mulai Menerapkan Kebijakan New Normal

-BERITA, Nasional-526 views

ACEHSATU.COM – Kepastian pemerintah Republik Indonesia menerapkan kebijakan new normal atau kebiasaan baru ditengah pandemi virus corona segera berlaku. Terlebih masa libur Raya Idul Fitri 1441 H telah berakhir dan PNS atau karyawan mulai masuk kerja kembali pada Rabu (27/05/2020).

Keinginan pemerintah untuk menerapkan kebijakan new normal mengikuti negara lain yang akan segera memberlakukan kebiasaan baru dalam interaksi warga negaranya dengan tetap waspada terhadap bahaya coronavirus.

Berbeda dengan negara-negara lain yang mulai memberlakukan kebijakan new normal karena kasus Virus Corona COVID-19 yang mereda di wilayah mereka, Indonesia justru menerapkannya ketika kasus Covid-19 masih tren meningkat.

Beberapa negara yang mulai rendah kasus infeksi virus corona dan segera menjalankan kebiasaan baru dalam hubungan sosial mereka yaitu; Korea Selatan, Italia, Selandia Baru, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Jerman.

Italia akan mulai membuka kembali sektor pariwisata pada 3 Juni mendatang. Pembukaan pada fasilitas publik, pertokoan, dan layanan seperti salon juga diumumkan segera mulai beroperasi kembali.

Begitu pula Korea Selatan, Presiden Moon Jae-in sudah mengumumkan bila negaranya kini mulai memasuki tahap fase new normal.

Di Malaysia, pemberlakuan new normal sudah mulai dijalankan. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin bahkan menyarankan untuk menggantikan jabat tangan dengan cara Ojigi Jepang untuk menghindari risiko Virus Corona.

Bagaimana dengan Indonesia?

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan kebijakan New Normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19) baru sebatas wacana dan belum ada keputusan resmi dari pemerintah.

Pernyataan Mahfud MD itu agak berbeda dengan Jokowi yang mengatakan masyarakat harus bisa berdamai dan hidup berdampingan dengan virus corona dengan menjalankan konsep new normal.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meninjau langsung penerapan new normal di sarana transportasi umum untuk menunjang aktivitas warga yang bekerja di tengah pandemi virus Corona tadi pagi (26/05/2020). Lokasi yang dia kunjungi adalah Stasiun MRT Bundaran HI. (*)

Indeks Berita