Marquez Kecelakaan Pada sesi Warmup Sirkuit Mandalika dan Dievakuasi ke Rumah Sakit

Marquez mengalami highside hingga terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V sang pebalap pun mengalami rusak parah akibat benturan dalam kecepatan yang cukup tinggi di tikungan yang mengalir itu

ACEHSATU.COM | Lombok – Marquez kecelakaan pada sesi warmup sirkuit Mandalika dan dievakuasi ke rumah sakit. Pebalap International dari tim raksasa Repsol Honda, Marc Marquez harus menjalani pemeriksaan medis di rumah sakit.

Setelah mengalami kecelakaan di sesi pemanasan jelang Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Minggu.

Selanjutnya Motor milik pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez diangkut marshal usai terjatuh saat kualifikasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Marquez mengalami highside hingga terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V sang pebalap pun mengalami rusak parah akibat benturan dalam kecepatan yang cukup tinggi di tikungan yang mengalir itu.

Sang pebalap Spanyol dapat berdiri dan berjalan setelah kecelakaan itu, namun harus menjalani pemeriksaan medis di paddock sebelum dibawa medical officer ke rumah sakit.

“Pebalap MotoGP #93 Marc Marquez dibawa ke rumah sakit untuk check-up,” demikian keterangan medis MotoGP.

Baca Juga: Momen Langka, Presiden Jokowi Bakal Naik Podium di Sirkuit Mandalika

Tim Repsol Honda menambahkan, “setelah terjatuh, Marc Marquez telah dibawa ke rumah sakit Mataram untuk pengecekan lebih lanjut.”

Marquez sebelumnya juga dua kali mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi pertama (Q1) saat ia berupaya mendorong motornya demi mendapatkan lap terbaik.

Setelah beberapa kali slide, Marquez mengalami lowside dan terjatuh di Tikungan 13 ketika tersisa waktu lima menit sebelum bergegas kembali ke garasi untuk berganti motor dan kembali ke trek.

Di upaya terakhirnya, Marquez berupaya mendorong keras namun ia kembali terjatuh karena lowside lagi, kali ini di Tikungan 12, dan meluapkan amarahnya di atas gravel.

Apabila dinyatakan fit untuk balapan, Marquez akan start dari P14, atau naik satu posisi menyusul penalti yang diberikan kepada Franco Morbidelli yang kedapatan melanggar prosedur latihan start saat FP3.

Mario Aji kemas poin pertama di Mandalika, Foggia juarai GP IndonesiaMoto3 GP

Pebalap nasional Mario Suryo Aji mengemas poin pertamanya di musim ini setelah finis P14 di Moto3 Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, pada Minggu, ketika Dennis Fogia menjuarai balapan seri kedua di kalender itu.

Mario juga sebelumnya membuat sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang start dari baris terdepan di Mandalika menyusul hasil kualifikasi yang gemilang pada hari sebelumnya.

Start dari P3, Mario justru mulai kehilangan posisi sejak awal lomba berkat start yang kurang baik. Dari P3, Mario melorot ke P9 pada lap pertama.

Mencoba bertahan di sepuluh besar, Mario kembali melorot ke P16 hingga pertengahan lomba di saat pebalap tim Leopard Racing Dennis Foggia memimpin lomba dengan mengantongi margin empat detik dari dua pebalap tim GASGAS Izan Guevara dan Sergio Garcia.

Foggia melaju sendirian dan semakin menjauh di depan dengan sembilan lap tersisa di saat Mario semakin terpuruk ke P18.

Mario menuju lap terakhir berada di luar zona poin, namun ia mendapati sejumlah pebalap terlibat kecelakaan, seperti juara Moto3 Qatar Andrea Migno yang terjatuh dengan Ayumi Sasaki.

Kemudian Stefano Nepa dan Joel Kelso juga mencium aspal di lap pemungkas.

Diuntungkan oleh sejumlah kecelakaan itu, Mario naik posisi demi membungkus dua poin pertamanya untuk Honda Team Asia, dan membawa bendera Merah Putih menuju ke pit lane dan garasinya.

Sebelumnya di balapan pembuka musim di Qatar, Mario finis dengan tangan hampa di P19.

Berupaya memangkas gap di lap-lap terakhir, Izan Guevara harus puas finis runner-up, 2,612 detik di belakang Foggia, sedangkan pole sitter Carlos Tatay melengkapi podium untuk tim CFMOTO Racing meski harus menjalani penalti long lap.

Berkat kemenangan pertamanya musim ini, Foggia mengoleksi total 34 poin sebagai pemuncak klasemen baru, dibayangi oleh Garcia yang terpaut satu poin di peringkat dua. Guevara menegaskan ancaman tim GASGAS di peringkat tiga dengan koleksi 28 poin.

Pemuncak klasemen sebelumnya, Andrea Migno gagal finis dan bertahan di peringkat empat dengan 25 poin, satu poin unggul atas Deniz Oncu.

Mario Aji sementara ini bercokol di peringkat 20 klasemen dengan dua poin dan akan melanjutkan perjuangannya di Argentina dua pekan mendatang.