Mantan Gubernur Aceh Terpapar Covid, Dirawat di RSZA

Mantan Gubernur Aceh
Mantan Gubernur Aceh periode 2012-2017, Zaini Abdullah. acehsatu.com/ist

Mantan Gubernur Aceh Terpapar Covid, Dirawat di RSZA

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Mantan Gubernur Aceh periode 2012-2017, Zaini Abdullah dikabarkan terpapar Covid-19 dan saat ini sedang di rawat di Rumah Sakit Zainal Abidin ( RSZA), Senin (14/6/ 2021).

Keluarga mantan Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Ustad Muzakir kepada wartawan, Senin (13/6/2021) mengatakan, awalnya Zaini Abdullah yang akrab disapa Abu Doto, sakit dengan kondisi lemas, setelah diuji Polymerase Chain Reaction (PCR) Test, dokter menyatakan mantan petinggi GAM itu positif terpapar Covid-19 atau virus corona.

Sehingga mantan orang nomor satu di Aceh itu dirawat di ruang pinire dan pagi ini rencananya akan dirujuk ke ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) yakni ruang perawatan intensif penyakit paru – paru karena kondisinya semakin memburuk.

“Kami khawatir akan kondisi Abu Doto,” ujar Muzakir.

Pelayanan Dikeluhkan

Keluarga mantan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah juga mengelukan pelayanan di RSUZA, terutama di ruang pinire  karena dalam masa perawatan mantan orang nomor satu di Aceh itu, sedikit sekali tenaga medis di ruang perawatan pinere yang dapat membantu jika ada keluhan dari pasien.

Mantan Gubernur Aceh
Mantan Gubernur Aceh periode 2012-2017, Zaini Abdullah. acehsatu.com/ist

Kekecewaan tersebut diungkapkan keluarga Abu Doto, Ustad Muzakir, menurutnya, tenaga medis yang datang ke ruang pinere dengan pakaian pelindung diri terkesan seperti robot,  mereka datang melihat kemudian berlalu tanpa ada penanganan khusus sehingga membuat pasien stres terganggu phiscologynya

“Mereka datang melihat kemudian berlalu tanpa ada penanganan khusus,” ujar Ustad Muzakir lagi dan menambahkan, saat ini, kondisi Abu Doto semakin memburuk dan akan dirujuk ke ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) ruang perawatan intensif penyakit paru – paru.

Pantau Lewat CCTV

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Dr dr Safrizal Rahman, MKes, Sp​OT, kepada wartawan mengatakan, untuk memantau perkembangan kesehatan mantan Gubenur Aceh itu, pihak RSUZA memasang CCTV untuk memantau perkembangan kesehatan Abu Doto. “Apabila ada hal yang mendesak, kami cepat kordinasi dengan dokter yang menangani pasien,” pungkas Ketua IDI Aceh yang juga  bekerja di RSUZA, Safrizal Rahman (*)