ACEHSATU.COM | ACEH UTARA – Innalillahi wainna ilaihirajiun, kabar duka meyelimuti dunia intertaiment Aceh. Sulaiman atau yang dikenal dengan panggilan Mando Gapi, artis komedian Aceh dalam film Eumpang Breuh, menghembuskan nafas terakhir Kamis (17/1), sekitar pukul 1.30 WIB, di Rumah Sakit Umum Cut Mutia (RSUCM) Lhokseumawe.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Mando sempat dilarikan ke RSUCM karena mengalami sesak nafas dan sakit kepala akibat penyakit darah tinggi kronis yang dialaminya selama ini.

“Sebelum meninggal dunia Mando sempat mengalami sesak nafas dan darah tinggi hingga hilang kesadaran,” kata Muhammad Daud, Asisten Sutradara Film Eumpang Breuh.

Daud menyebutkan tidak lama setelah dilarikan ke RSUCM untuk mendapatkan penanganan medis, Mando akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Dirinya mengetahui Mando meninggal setelah diberitahukan Abdul Hadi alias Bang Joni yang merupakan sahabat karib Mando dalam film Eumpang Breuh.

Mando adalah komedian yang dikenal masyarakat Aceh dengan aksi dan kekocakannya mengendarai sepeda motor super jonnya serta memiliki penampilan dan gaya bahasanya dengan karakter tersendiri.

Mando Gapi lahir di Bireuen pada tanggal 12 Desember 1970, meninggal dunia pada usia 49 dengan meninggalkan satu orang istri, Ernawati.

“Engkol Mando, mungkin bahasa yang kerap diucapkan Bang Joni kepada Mando dalam film Eumpang Breuh itu akan tinggal kenangan ditelinga kita. Kepada seluruh masyarakat Aceh, kami mohon didoakan semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa sahabat kami Sulaiman dan menempatkan almarhum disisinya,” ujarnya.