Mahlil Ruby, Putra Bireuen Jabat Direktur BPJS Kesehatan

Dr. dr. Mahlil Ruby, M.Kes, Jumat (19/2/2021), diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Mahlil Ruby
Mahlil Ruby. Foto Net

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Dr. dr. Mahlil Ruby, M.Kes, Jumat (19/2/2021), diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dr Mahlil diangat sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 37/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Dewan Penagwas dan Keanggotaan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masa jabatan Tahun 2021-2026.

Mahlil Ruby, pria kelahiran Bireuen tahun 1964 itu  alumni Unsyiah (1992).

Sosok doktor dibidang kesehatan publik ini juga dikenal sebagai pribadi pencerah karena kemampuannya dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman baik melalui forum diskusi, seminar, maupun melalui karya tulis.

Mahlil Ruby
Mahlil Ruby. Foto Net

Mahlil juga aktif dalam berbagai lembaga dunia yang memiliki program kesehatan, seperti menjadi konsultan, senior expert dan senior advisor di GIZ (2013 dan 2017) dan sebagai spesialis kesehatan di USAID tahun 2015.

Mahlil juga pernah dipakai jasanya sebagai ahli kesehatan di DPR RI (2008).

Mahlil Ruby mengawali karirnya sebagai Kepala Pukesmas Jeumpa (1999) dan Kepala Pukesmas Matangkuli Aceh Utara (1995).

Ia pernah menjadi kepala pukesmas teladan.

Sejak tahun 2000 sampai 2017, Mahlil Ruby juga sudah terlibat lebih dari 80 proyek penelitian, survey, kajian dan lainnya terkait kesehatan, hampir di seluruh Indonesia.

Mahlil Ruby juga cukup aktif diundang sebagai pembicara dan trainer dilebih 150 pertemuan di berbagai provinsi di Indonesia.

Sebelum diangkat dalam jajaran direksi BPJS Kesehatan, Mahlil bekerja di lembaga donor Amerika, USAID Jakarta. (*)