oleh

Mahasiswi di Sulsel ‘Diwisuda’ di Atas Pelaminan, Rektor Datang Pakai Toga, Bagaimana Bisa?

-Nasional-109 views

ACEHSATU.COM – Momen pernikahan dan wisuda tentunya jadi momen kebahagiaan untuk siapapun yang mengalaminya, Bunda. Nah, seorang wanita asal Desa Harapan, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, merasakan kedua momen tersebut dalam satu waktu. Bagaimana bisa?

Ialah Jayanti, ia menikah dengan pria pujaannya pada 19 Desember 2019, tepat di tanggal tersebut pula ia diwisuda. Tak tanggung-tanggung, rektor Universitas Andi Djemma (Unanda) Dr.Marsus Suti M.Kes naik ke pelaminan untuk mewisuda langsung Jayanti, yang meraih nilai IPK hampir sempurna, yakni 3,89.

Sebelumnya, rektor beserta dosen lainnya mengukuhkan 405 wisudawan di gedung Saodenrae Convention Centre (SCC). Kemudian Dr.Marsus Suti, M.Kes, didampingi Dr Bachtiar, SE, MM, Dekan FISIP, Kasmad Kamal, dan dosen Unanda lainnya bergerak dari SCC ke acara pernikahan Jayanti. Saat itu rektor masih mengenakan toga.

Suasana haru pun begitu terasa tempat pernikahan Jayanti. Rombongan rektor datang membawa langsung ijazah Jayanti dan naik ke atas pelaminan untuk memberi selamat sekaligus memberikan ijazah. Jayanti lulus dari program studi ilmu sosial dan politik.

Jayanti tidak bisa menghadiri wisuda karena bertepatan dengan akad nikahnya. Di samping itu Marsus tidak ingin anak-anak didiknya tidak merasakan momen wisuda.

“Ini kami lakukan agar semua anak didik kami mendapat perlakuan yang sama. Sebagai orang Luwu sudah menjadi keharusan kita menjunjung adat Sipakatau, Sipakainge’ dan Sipakalebbi,” ungkap Marsus, dilansir laman situs web resmi Unanda.

Sementara itu, diungkapkan Dekan Fisip Unanda Kasmad Kamal, sebelumnya Jayanti sudah dua kali menunda jadwal akad karena ingin ikut prosesi wisuda. Namun dua kali itu pula jadwal yang ditentukannya bertepatan dengan tanggal wisuda.

“Pertama tanggal 14 juga bersamaan dengan acara wisuda. Namun, kemudian wisuda ditunda lagi dan diundur ke tanggal 19,” katanya.

Tentunya hal ini sangat membuat Jayanti bahagia ya, Bunda. Selamat untuk pernikahan dan wisudanya Jayanti! (*)

Komentar

Indeks Berita