Mahasiswa KKN Unimal di Cot Girek Mempromosikan Produk Masyarakat Melalui Media Online

Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 135 ikut berpartisipasi dalam menggerakkan roda perekonomian dengan memanfaatkan media online untuk mempromosikan produk rumahan milik masyarakat di Dusun Afdeling I Karet, Desa Cot Girek Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara.
- Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 135 ikut berpartisipasi dalam menggerakkan roda perekonomian dengan memanfaatkan media online untuk mempromosikan produk rumahan milik masyarakat di Dusun Afdeling I Karet, Desa Cot Girek Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Foto Istimewa

ACEHSATU.COM | LHOKSUKON – Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 135 ikut berpartisipasi dalam menggerakkan roda perekonomian dengan memanfaatkan media online untuk mempromosikan produk  rumahan milik masyarakat di Dusun Afdeling I Karet, Desa Cot Girek Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 135 yaitu, Yopi Aji Akbar, R.A. Nita Rosalinda dan Safwan Azlani.

Semuanya dari prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik di bawah naungan Dosen Pembimbing (DPL) Dr Ratri Candrasari

Ketua Kelompok 135, Yopi Aji Akbar kepada ACEHSATU.com Selasa (27/10/2020) mengatakan, dengan mempromosikan produk melalui media online seperti Instagram, Facebook dan website bisa menambah income yang lebih besar lagi bagi  para pemilik industri kecil rumahan yang ada di dusun Afdeling l, Karet.

“Kami senang sekali bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini karena bisa membantu para pemilik industri kecil rumahan yang bisa memanfaatkan media online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi dan dapat menghasilkan income yang tinggi,” katanya.

Menurut Yopi Aji Akbar, promosi di media sosial seperti di Instagram bukan hanya sekedar upload produk jualan, tetapi para pelaku usaha bisnis online diperlukan strategi khusus agar produk yang dibuat menarik dan sampai target pasar.

Ia mencontohkan, seperti membuat tampilan yang menarik, gunakan hastag yang tepat dan gunakan kata ajaib seperti diskon dan promo.

“Kami mendapatkan apresiasi dari pelaku industri kecil rumahan ketika membantu mempromosikan produk-produk mereka di media online yang mana kita ketahui di situasi Covid-19 ini, para pelaku usaha offline banyak mengalami gulung tikar atau bangkrut,” kaya Yopi.

Dengan berjualan online ini solusi yang sangat tepat bagi para pelaku usaha untuk bertahan atau meningkatkan lagi incomenya di situasi Covid-19 ini.

Dosen pembimbing lapangan (DPL) kelompok 135, Dr Ratri Candrasari mengingatkan mahasiswa bimbingannya agar lebih kreatif dalam menjalankan program-program selama KKN dan selalu mematuhi protokol kesehatan. (*)