Internasional

Lubna Al Olayan, Perempuan Pertama yang Jadi Direktur Bank di Arab Saudi

Jauh sebelum penunjukan ini, Al Olayan sudah dipandang sebagai sosok pendobrak dominasi pria dalam industri keuangan Saudi.

ACEHSATU.COM — Seorang pebisnis bernama Lubna Al Olayan menjadi perempuan Arab Saudi pertama yang menjabat sebagai direktur bank.

Oleh pihak Kerajaan Saudi, Al Olayan ditunjuk memimpin bank baru hasil merger the Saudi British Bank (SABB) dan Alawwal Bank. Bank baru itu praktis menjadi bank terbesar ketiga di Saudi dengan modal sebesar US$17,2 miliar atau Rp260,6 triliun.

Jauh sebelum penunjukan ini, Al Olayan sudah dipandang sebagai sosok pendobrak dominasi pria dalam industri keuangan Saudi.

Sedemikian cemerlang nama Al Olayan, dia memuncaki daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Timur Tengah tahun 2018 versi majalah Forbes.

BACA: Meriahnya “The Saudi House” di Restoran Pulau Dua

Penunjukan bankir yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat itu terjadi di tengah langkah Kerajaan Saudi dalam menguatkan pemberdayaan perempuan, seperti membolehkan perempuan mendaftar menjadi tentara dan membebaskan perempuan mengemudi kendaraan.

Pemberdayaan perempuan ini dipandang sebagai salah satu bagian skema modernisasi Kerajaan Saudi atau Visi Saudi 2030 yang dicetuskan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Sumber: BBC Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top