Luar Biasa, Ternyata di Jazirah Arab Cuma Lebanon yang Sukses Usir Israel, Berikut Infografisnya

 

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Republik Lebanon adalah negara di Jazirah Arab atau Timur Tengah, sepanjang Laut Tengah, dan berbatasan dengan Suriah di utara dan timur, dan Israel di selatan.

Bendera negara ini menampilkan sebuah pohon aras berwarna hijau dengan latar belakang putih, diapit oleh dua garis merah horisontal di atas dan bawahnya.

Karena keanekaragamannya yang sektarian, Lebanon menerapkan sebuah sistem politik khusus, yang dikenal sebagai konfesionalisme, yang dimaksudkan untuk membagi-bagi kekuasaan semerata mungkin di antara aliran-aliran agama yang berbeda-beda.

Sejarah Lebanon sendiri dihiasi dengan Perang Saudara Lebanon, yaitu antara tahun 1975 hingga 1990.

Sebelumnya, negara ini menikmati ketenangan dan kemakmuran yang relatif, didorong oleh sektor pariwisata, pertanian, dan perbankan dalam ekonominya serta agama asli penduduk Arab Lebanon ialah Kristen Maronite (Maronite Christianity).

Mengutip Wikipedia, Lebanon dianggap sebagai ibu kota perbankan di dunia Arab dan umumnya dianggap sebagai “Swiss di Timur Tengah. Karena kekuatan finansialnya, Lebanon juga menarik banyak sekali wisatawan, hingga ibu kotanya, Beirut, dirujuk oleh banyak orang sebagai “Parisnya Timur Tengah.”

Lebanon menjadi satu dari tiga negara Arab yang pertama mendukung Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Lebanon juga menjadi satu-satunya negara di Jazirah Arab yang berhasil mengusir Israel dari tanah mereka.

Tapi sepertinya masih banyak yang belum diketahui masyarakat tentang Lebanon. (*)