Kecelakaan di Gampong Jawi Seulimuem Ternyata Murni Lakalantas

Longsor di Seulimuem menyebabkan rusaknyasatu unit mobil penumpang jenis hiace akibat terkena material longsor berupa bongkahan batu di kawasan lintas Banda Aceh-Medan KM 47, Kecamatan Seulimum Aceh Besar.
Longsor di Seulimuem
Material longsor timpa satu unit mobil penumpang di Aceh Besar (ANTARA/HO)

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR –  tanah longsor akibat hujan deras Minggu (22/11/2020) dinihari yang lalu menimpa kawasan lintas nasional Banda Aceh-Sigli, tepatnya di Gampong Jawi Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar atau kilometer 47 sekira pukul  06.30 WIB.

Sebagaimana sempat diberitakan sebelumnya, longsoran itu  sempat mengenai bodi mobil Hi-ace yang sedang melaju dari Medan. Namun tidak berakibat korban jiwa penumpang. Karena hanya bodi bagian belakang yang sempat penyok terkena hantaman material longsor.

Namun dari keterangan mutakhir yang diterima, peristiwa itu adalah kecelakaan lalu lintas (lakalantas) murni, yang melibatkan dua unit mob l penumpang Hi Ace. Dilaporkan, Hi ace nopol BL 7419 AA iseruduk oleh Hi ace nopol BL 1060 BN. Kedua bus penumpang itu melaju dari arah yang asama, yaitu dari arah Medan.

Hiace nopol BL 7419 AA, beberapa saat usai tabrakan. Foto Ist

Seperti diungkapkan, Fadliana, pemilik mopen Hi ace BL 7419 AA, insiden itu terpicu karena mobilnya menghindari longsor yang tiba tiba hingga laju mobil di belakakang tak terkendali dan menabrak mobilnya hingga penyok di bagian belakang. “Makanya mobil kami penyok di bagian belakang, dan itu bukan karena hantaman material, tapi justru ditabrak dari belakang,” tutur Fadliana, pekan lalu.

Sebelumnya, acehsatu.com mendapatkan info lonsor itu dari BPBD Aceh Besar. Nsiden tersebut sempat memacetkan arus lalu lintas, yang kemudian berhasil diurai oleh pihak personil Polsek dan Koramil Seulimuem serta Satlantas Polres Aceh Besar yang turun ke lokasi.

Petugas juga  langsung berkoordinasi dalam upaya penanganan pembersihan lonsor material yang jaruh ke badan jalan tersebut.

Dalam penanganan pembersihan Material longsor ikut dibantu satu ujnit alat berat dari tempat penggilingan aspal yang tidak jauh dari lokasi kejadian lonsor matrial tersebut.

Ia menambahkan penanganan tersebut selesai pada pukul 08.01 wib dan jalan Lintas Banda Aceh- Medan sudah normal kembali. (*)