Lima Instalasi Pengolahan Air Bersih PDAM Rusak Terendam Banjir Tamiang, Dua Belum Beroperasi

“Dari lima IPA yang terdampak banjir Aceh Tamiang, dua IPA belum sudah beroperasi, IPA Seumada dan IPA Pante Jempa sedangkan yang tiga lainnya sudah beroperasi namun belum maksimal,” Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail.
PDAM Tirta Tamiang
Karyawan sedang memperbaiki pompa distribusi air yang terendam banjir. acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG –  Lima Instalasi Pengolahan Air bersih (IPA) milik PDAM Tirta Tamiang di beberapa kecamatan rusak akibat banjir yang terjadi di Aceh Tamiang beberapa hari lalu.

Lima instalasi tersebut IPA Seumdam, Kecamatan Kejuruan Muda, IPA Kualasimpang di Kecamatan Kota Kualasimpang, IPA Sungai Yu di Kecamatan Bendahara, IPA Pante Jempa di Kecamatan Bandar Pusaka, IPA Seruway di Kecamatan Seruway.

Kondisinya, IPA Kota Kualasimpang terendam banjir dan sudah diperbaiki namun produksinya belum maksimal, IPA Pante Jempa, Bandar Pusaka pompa intake rusak karena tersumbat sampah dan belum beroperasi.

Baca : Krisis Air Bersih, PDAM Tamiang Kerahkan 10 Mobil Tangki Suplay Air Bersih Ke Posko Pengungsian

Berikutnya, IPA Sungai Yu, Kecamatan Bendahara pompa distribusi terendam banjir dan sudah beroperasi namun belum maksimal, IPA Seruway juga terendam namun sudah beroperasi tapi belum maksimal juga.

Selanjutnya, IPA Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, terendam banjir saat ini sedang diperbaiki dan kondisinya belum beroperasi.

PDAM Tirta Tamiang
PDAM Tirta Tamiang Terendam Banjir Aceh Tamiang. acehsatu.com/ist

“Dari lima IPA yang terdampak banjir Aceh Tamiang, dua IPA belum sudah beroperasi, IPA Seumada dan IPA Pante Jempa sedangkan yang tiga lainnya sudah beroperasi namun belum maksimal,” ujar Ismail.

Baca : Tunggak Rekening Air, Meteran Pelanggan PDAM Dicabut

Selain IPA ada juga pipa ditribusi air bersih yang rusak akibat banjir Aceh Tamiang sehingga menyebabkan distribusi air kepada pelanggan masih terhambat.

“Kita berupaya kerusakan akibat banjir ini secepatnya dapat diperbaiki, karena 80 persen rumah karyawan PDAM Tirta Tamiang juga terendam banjir, ” tambah Ismail.

Pihaknya berharap, pelanggan bersabar, PDAM berusaha memberikan terbaik kepada pelanggan, demikian Ismail (*)