Liga Sepakbola Usia Muda Dimulai

Manajemen Aceh Football menggelar liga sepakbola usia muda untuk memberi kesempatan buat pemain belia berkompetisi, pada musim pertama ini pesertanya masih terbatas.
Liga Sepakbola Usia Muda
Anak-anak Banda Aceh saat mengikuti kompetisi liga sepakbola usia muda, di Aceh Besar, Sabtu (13/3/2021) (ANTARA/HO)

Aceh Football Gelar Liga Sepakbola Usia Muda

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH  – Manajemen Aceh Football menggelar liga sepakbola usia muda untuk memberi kesempatan buat pemain belia berkompetisi, pada musim pertama ini pesertanya masih terbatas.

“Kompetisi usia muda yang diberi nama AcehFootball Development League Under 15 akan dimulai hari ini, Minggu (14/3/2021), di Lapangan Matador Desa Lamreung, Aceh Besar,” kata CEO Acehfootball Munawardi, di Banda Aceh.

Munawardi mengatakan, liga sepakbola usia muda ini diikuti empat SSB/Academy yang berada di Banda Aceh yaitu Jong Aceh Fa, Talenta FA, Rampagoe FA dan SSB Barona.

“Untuk tahap pertama ini, kita tampung empat tim yang memang terlihat paling siap,” ujarnya

Kata Munawardi, sebenarnya mereka menginginkan liga U-15 ini diikuti lebih banyak SSB/Academy yang ada di kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Empat tim itu paling rutin berlatih dan punya pemain lengkap.

Disebutkan, liga U-15 ini memang digulirkan untuk memberikan pengalaman tanding bagi pemain-pemain usia muda di Banda Aceh dan sekitarnya. Apalagi, kompetisi resmi nyaris tidak ada sama sekali. Apalagi pemerintah kurang memperhatikan turnamen usia muda seperti ini.

Liga Sepakbola Usia Muda
Anak-anak Banda Aceh saat mengikuti kompetisi liga sepakbola usia muda, di Aceh Besar, Sabtu (13/3/2021) (ANTARA/HO)

“Padahal disinilah muncul bibit-bibit pemain bagus. Bila tanpa turnamen, kita sulit mencetak pemain yang berkualitas," katanya.

Munawardi menjelaskan, pada liga U-15 ini nantinya setiap tim akan bermain diakhir pekan dan akan ada dua pertandingan di setiap hari Ahad. Diakhir liga tim yang memiliki point tertinggi akan keluar sebagai juara.

Pada periode yang akan datang, kata Munawardi, pihak AcehFootball mengharapkan semakin banyak SSB/Academy yang siap untuk untuk ikut ambil bagian.

“Liga semacam ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan untuk pemain-pemain muda di Aceh,” demikian Munawardi. (*)