Lhoong Krisis Tenaga Kesehatan, Dinkes Aceh Besar Diam-diam Pindahkan Bides

Lhoong Krisis Tenaga Kesehatan, Dinkes Aceh Besar Diam-diam Pindahkan Bides

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kebijakan mutasi terhadap seorang Bidan Desa (Bides) yang selama ini bertugas di Gampong Pudeng, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, menuai sorotan.

Pasalnya, langkah pemindahtugasan oleh Dinas Kesehatan Aceh Besar itu terkesan dilakukan diam-diam di tengah krisis tenaga kesehatan yang sejak lama mendera warga Lhoong.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar memindahtugaskan salah seorang Bides yang bertugas di Gampong Pudeng di Kecamatan Lhoong secara diam-diam,” ujar tokoh muda Aceh Besar asal Kecamatan Lhoong, Jonizar kepada ACEHSATU.COM, Senin (13/7/2020).

Mutasi tersebut, lanjut pria yang akrab disapa John ini, sekaligus membuktikan pejabat terkait di Aceh Besar tidak memiliki kepekaan terhadap persoalan yang dihadapi warga Lhoong.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Aceh Besar sepertinya tidak melakukan kajian terhadap kebijakan mutasi tenaga kesehatan secara arif. Apalagi saat ini tenaga bides sangat dibutuhkan warga Kecamatan Lhoong.

“Seharusnya pejabat di Dinas Kesehatan Aceh Besar harus mengkaji lebih dalam tentang alasan pemindahan bidan tersebut, jangan asal pndah,” kata Jhonizar.

Selain itu, mantan aktifis paguyuban mahasiswa Aceh Besar ini juga menyoroti potensi konspirasi dibalik kebijakan mutasi tenaga kesehatan di Aceh Besar. Dia mengatakan Lhoong selalu dijadikan batu loncatan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Namun sayangnya pejabat berwenang selalu menyetujui permintaan pemindahan dari Lhoong ke kecamatan lain. Hal ini, sebut Jonizar, kerap dan terus terjadi dari masa ke masa.

“Kalau seandainya pemerintah Kabupaten Aceh Besar tidak sanggup lagi menambah tenaga kesehatan untuk kecamatan terisolir ini, setidaknya jangan dikuranagi. Dan ini bukan hanya untuk kecamatan Lhoong saja akan tetapi untuk semua kecamatan yang terisolir di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya. (*)