Lakukan Percepatan Vaksinasi BIN Sasar Daerah Terpencil di Aceh Utara

Kegiatan vaksinasi yang digelar pihak BIN berjalan lancar dan aman. Tidak hanya masyarakat biasa, vaksinasi yang digelar di pusat Kecamatan juga diikuti oleh tokoh masyarakat dan tokoh Agama di Kecamatan Pirak Timu
Vaksinasi yang digelar BIN kerjasama dengan Muspika Kecamatan Pirak Timu Aceh Utara Foto: Acehsatu.com | Syahrul

ACEHSATU.COM | Aceh Utara, – Dalam upaya peningkatan dan percepatan vaksinasi di Aceh, Badan Intelijen Negara (BIN) melalui Posda BIN Aceh Utara sasar daerah terpencil dan bekerjasama dengan Muspika Kecamatan.

Kali ini, vaksinasi yang dilakukan pihak BIN dan melakukan kerjasama dengan Muspika Kecamatan Pirak Timu Aceh Utara, dengan membuka gerai vaksinasi massal di Aula Kecamatan setampat pada Kamis (16/12/2021).

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan bertujuan untuk mencegah potensi terjadinya gelombang COVID-19 dan untuk mendukung percepatan Herd Immunity (Kekebalan Komunitas) bagi masyarakat sebagai penanganan pandemi Covid-19, ujar Camat Pirak Timu, Ilyas S.E kepada Acehsatu.com, “ditargetkan akhir Bulan Desember 2021 vaksinasi mencapai 70%”, kata Ilyas.

Ilyas mengakui, sebelumnya angka vaksinasi di kecamatan Pirak Timu tergolong rendah dibandingkan vaksinasi yang digelar kali ini. 

“Hari ini antusias warga yang ikut vaksin tergolong tinggi dari pada kegiatan vaksinasi sebelumnya”, sebut Ilyas.

Ilyas melanjutkan, hal tersebut merupakan satu upaya yang dilakukan pihak BIN bekerjasama dengan Muspika, dan hal ini sangat membantu pihak Kecamatan Pirak Timu yang selama ini memang masih tergolong rendah angka pencapaian vaksinasi.

Ilyas juga menuturkan, selama ini masih banyak kendala yang dialami pihak Muspika untuk menambah minat masyarakat Pirak Timu. 

Namun kali ini kegiatan vaksinasi yang digelar pihak BIN dengan cara membagikan hadiah dan bingkisan langsung kepada masyarakat yang ikut vaksin mampu mendorong minat masyarakat Pirak Timu untuk melakukan vaksinasi.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan bahwa, selama ini terkait dengan ddat yang diperoleh pihak Kecamatan masih terjadi banyak kendala, sehingga emnurut Ilyas diperlukan sinkronisasi data dengan menurunkan tim kelapangan untuk melakukan pendataan kembali.

Pantauan acehsatu.com dilapangan, kegiatan vaksinasi yang digelar pihak BIN berjalan lancar dan aman.
Tidak hanya masyarakat biasa, vaksinasi yang digelar di pusat Kecamatan juga diikuti oleh tokoh masyarakat dan tokoh Agama di Kecamatan Pirak Timu.

Salah seorang peserta vaksin Mariah (64) warga Gampong Ceumeucet menuturkan rasa senang karena bisa ikut vaksin hari ini dan berterimakasih kepada Posda BIN Aceh Utara dan pihak Kecamatan Pirak Timu. 

Pada kesempatan tersebut, hal senada juga dituturkan oleh Kepala Puskesmas Pirak Timu Mastuti, SKM dengan terimakasih kepada pihak BIN yang telah membantu percepatan vaksinasi di Kecamatan Pirak Timu. 

Semoga kedepan dapat digelar hal yang serupa di Kecamatan Pirak Timu, pungkas Kepala Puskesmas Pirak Timu.