Lagi Pasien Covid di Nagan Raya Meninggal Dunia

Lagi Pasien Covid di Nagan Raya Meninggal Dunia

ACEHSATU.COM | NAGAN RAYA Dua pasien terindikasi positif covid melalui hasil reaktif rapid test dilaporkan sudah meninggal dunia di Nagan Raya.

Kedua pasien covid itu meninggal dunia sebelum hasil swab keluar.

Pria berinisial T (75) meninggal pada Jumat (31//2020) subuh sekira pukul 05.30 WIB.

Seorang lagi wanita berinisial P (62) yang meninggal dunia pada Sabtu (1/8/2020) sore sekira pukul 16.00 WIB.

Keduanya sebelumnya hasil nonreaktif rapid test.

Kedua warga tersebut untuk yang reaktif dikebumikan tim gugus tugas dengan protokol kesehatan dan satu lagi dikebumikan keluarga karena status awal nonreaktif.

Tiga lagi yang positif tersebut yakni wanita D (22), wanita D (16) dan wanita K (75) hingga kini masih dalam perawatan medis di ruang isolasi RSUD SIM Nagan Raya.

Koordinator Dokter Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Nagan Raya, dr Edi Hidayat SpPD mengatakan,  dari 5 pasien yang positif Covid-19 sebanyak 2 orang telah meninggal dunia dan tiga orang kini masih di RSUD.

Ketiga pasien tersebut  dirawat di ruang isolasi RSUD SIM.

Dikatakan, hasil swab keluar dari Balitbangkes Aceh sangat lama sekali, padahal swab terhadap 5 orang tersebut diambil pada Rabu lalu dan dikirimkan ke Balitbangkes.

Sebelumnya diberitakan, lima warga sebuah desa di Nagan Raya pada Selasa sore dan Rabu lalu dilarikan ke RSUD SIM Nagan Raya.

Dua orang merupakan pasangan suami istri pria T (75 tahun hasil reaktif) dan wanita K (75 tahu hasil reaktif).

Berikutnya wanita P (62 tahun hasil nonreaktif) serta dua cucunya D (22 tahun hasil reaktif) dan D (16 tahun hasil reaktif).

Kelima warga tersebut mereka merupakan warga desa yang sama serta diambil swab dan dikirim ke Balitbangkes Aceh.

Meninggal di RSUD Sultan Iskandar Muda

Sebelumnya diberitakan, satu pasien reaktif COVID-19 meninggal dunia pada Jumat pagi sekira pukul 05.30 WIB dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda, Nagan Raya, Aceh.

Pasien reaktif covid itu berinisial T (75), warga sebuah desa di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh

Hingga Jumat siang, pasien tersebut sudah dikebumikan sesuai protokol kesehatan di Kompleks Pemakaman Khusus di kawasan Desa Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

“Pasien sudah kita kebumikan di lokasi pemakaman khusus, sesuai hasil pemeriksaan, pasien ini memiliki gejala klinis khas COVID-19,” kata Koordinator Dokter Gugus ugas Penanggulangan COVID-19 Nagan Raya, dr Edi Hidayat SPPD, Jumat siang jelang sore di Suka Makmue.

Selain itu, hasil radiologis juga ditemukan gejala yang dimiliki oleh pasien yang sudah meninggal dunia tersebut juga mendukung seperti gejala COVID-19.

Bahkan sesuai hasil rapid test IG M dan IG G, kata Edi Hidayat, hasil pemeriksaan pada almarhum juga dinyatakan positif.

“Meski pasien sudah dikebumikan sesuai protokol kesehatan, kami juga masih menunggu hasil SWAB dari Balitbangkes di Banda Aceh,” kata dr Edi Hidayat menambahkan.

Dokter Edi Hidayat juga menegaskan penanganan jenazah berinisial T tersebut juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 sesuai dengan anjuran pemerintah. (*)