Bireuen

Kutemukan Kembali Surat Tasha Nazila yang Hilang

ACEHSATU.COM, Bireun –Siang itu, Selasa (26/1/2016), sebuah postingan dari seseorang yang menggunakan nama Najib Zakaria meluncur ke dinding facebook Tarmizi Abdul Ghani. Postingan tersebut diberi judul “Kutemukan Surat dari Tasha Nazila”.

Tasha Nazila copy

Tasha Nazila sendiri adalah seorang siswi kelas 1 pada Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Cot Meurak, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Dia lahir di Aalborg Denmark, saat Sang Ayah mencari suaka politik karena terlibat GAM.

Dalam postingannya, Najib Zakaria menjelaskan surat yang ditulis Tasha merupakan ungkapan duka atas meninggalnya Ayahanda Tarmizi Abdul Gani dan surat tersebut dititipkan kepadanya saat hendak pergi melayat.

“Nyoepat na surat dari aneuk long keu droeneh (ini ada titipan surat dari anak saya untuk anda),”

kata Ayah Tasha sembari merogoh kantong celananya, dan menyerahkan selembar kertas berisi tulisan tangan  sang anak.

Namun Tarmizi tidak lekas membaca melainkan memilih menyimpan surat itu, hingga akhirnya ia sendiri terlupa di mana ia meletakkannya.

Di mata Tarmizi, Tasha merupakan anak yang pintar. Ketika merasa senang atau sedih Tasha kerap mencurahkan segenap perasaannya dengan menulis di lembaran kertas.

Saat sedang melakukan bersih-bersih usai hajatan tahlilan di rumahnya, secara tak sengaja Tarmizi menemukan kembali surat yang telah beberapa pekan lalu ditulis Tasha itu.

Bocah perempuan itu membuatnya begitu terharu. Bagaimana tidak, Tasha yang masih duduk di kelas 1 sangat ingat kepadanya dan seakan mampu merasakan duka yang sedang dirasakannya atas meninggalnya sang ayah.

Tiba-tiba ingatan Tarmizi berkelebat ke masa lalu. Ia terkenang Tasha juga pernah menuliskan surat kepada almarhum ayahnya mengingatkan agar sang ayah tidak merokok jika sedang bersama anak-anak.  Saat itu, kenang Tarmizi, ayahnya pun hanya mampu tersenyum membaca surat itu.

 

Isi surat Tasha Nazila:

Assalamualaikum Pak Guru yang baik

Tasha Nazila ikut berduka

atas berpulang kerahmatullah

Ayah dari Pak Guru kami

 

Wassalam

dari pelajar MIN Cot Meurak

Kamis, 31/12/2015.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top